07 Desember 2017

Pangkostrad Resmikan Batalyon Mandala Yudha Sebagai Embrio Brigade Tim Pertempuran Berat

07 Desember 2017


Batalyon Mandala Yudha merupakan embrio Brigade Tim Pertempuran Berat Kostrad (photo : Kostrad)

(Penkostrad).  Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi meresmikan  Batalyon Mandala Yudha, sekaligus melantik Letkol Inf M. Asmi sebagai Komandan Batalyon (Danyon) Mandala Yudha yang pertama, bertempat di serambi kehormatan, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (6/12).

Dalam sambutannya Pangkostrad menyampaikan guna mengantisipasi tuntutan profesional dalam setiap penugasan di masa depan, maka dibentuklah organisasi dan tugas satuan Batalyon Mandala Yudha yang merupakan satuan tempur dengan penggabungan berbagai unsur kecabangan di dalamnya. Kecepatan manuver dan perlindungan lapis baja adalah keunggulan yang dimiliki Batalyon Mandala Yudha, sehingga diharapkan dalam penyelesaian tugas pokok dapat dilaksanakan secara efektif dan optimal.

Perlu diketahui bahwa Batalyon Mandala Yudha dalam proses pembentukannya diproyeksikan sebagai embrio dari Brigade Tim Pertempuran Berat, dengan komposisi satuan tempur Infanteri, satuan bantuan tempur Artileri Medan (Armed), Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) dan satuan Helikopter tempur Penerbad, serta didukung oleh satuan Zeni, Peralatan dan Perhubungan dalam penyiapan operasional batalyon tersebut. Keberadaannya akan merealisasi konsep “Modular Brigade” yang diharapkan kedepan menjadi satuan setingkat Brigade yang lengkap, kuat, dan efektif serta memiliki Efek Penggentar (Deterrence Effect) terhadap ancaman kekuatan lawan.

“ Keberadaan Batalyon Mandala Yudha ini merupakan jawaban dari pembentukan satuan siap gerak TNI, dalam menghadapi penugasan yang bersifat urgen dan dapat dikerahkan dalam waktu singkat meliputi proyeksi tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), baik dalam skala nasional maupun internasional,” ungkap Pangkostrad.

Markas Batalyon Mandala Yudha Kostrad dilengkapi dengan perumahan dinas personel dan keluarganya, perkantoran, Markas Komando Batalyon, gudang Alutsista serta lahan latihan tempur dan manuver. Semua berada dalam satu kompleks dan tentunya sangat memungkinkan terakomodasinya pelaksanaan tugas pokok satuan, Markas tersebut berdiri di atas lahan 700 hektar, di Ciuyah, Lebak, Prov. Banten.

Hadir dalam peresmian Batalyon Mandala Yudha tersebut, Kaskostrad, Panglima Divisi Infanteri 1 dan 2 Kostrad, Ir Kostrad, Koorsahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Kabalak Kostrad serta para Komandan Satuan Jajaran Kostrad.

(Kostrad)

34 komentar:

  1. SELAMAT DATANG DI WWW.WSD4D.COM
    Togel Online | Togel SGP | Togel HKG | Judi Online | Judi Bola
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    - SPORTSBOOK
    - TOGEL
    - 6 GAME POKER
    - Casino
    - Sabung ayam
    - Tangkas
    - Slotgame
    - Habanero
    - Tembak ikan
    - Batu goncang
    - dan game lainnya

    BONUS YANG MENARIK DARI WSD4D(.)COM
    - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTSBOOK
    - BONUS NEXT DEPOSIT 10%
    - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI UP TO 20,000
    - DISKON TOGEL 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 65%
    - BONUS CASHBACK UP TO 15% SPORTSBOOK
    - BONUS CASHBACK SABUNG AYAM 5% UP TO 10%
    - BONUS CASHBACK GAMES & TANGKAS 20%
    - LIVE CASINO ROLLINGAN 0,8% (NO LIMIT)
    - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2%

    MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT WSD4D(.)COM YANG ONLINE 24 JAM
    Pin BBM : D887ECDB
    LINE : wsd_4d
    WECHAT : wsd_4d
    SKYPE : VINA WSD
    WA : +855964903955

    Togel Online
    Slot Games
    Live Casino
    Sportsbook
    Sabung Ayam
    Poker & Domino

    BalasHapus
  2. Memang dipenjara boleh pegang android ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwakakakak...
      Sabar mas Smili :)

      Tuh diresmikan juga akhirnya (sebelum si 'Bapak' pensiun dini).

      Dunia politik memang magnet yang kuat (bagi beberapa orang).

      Selamat bertugas 'Bapak'.

      :D

      Hapus
  3. Gue setuju kesatuan2 pemukul fokus pd tupoksinya yang semakin berat dan dinamis...urusan kontra teror dikembalikan saja ke den-81 dan densus-88

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo urusan heli vvip kemana oom? haha!kabbooerr aaachhhπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
    2. Terrorism is a trend of war nowadays. It can happen any where any time and in the same time. So, to maintain high responsive, we need many units trained in it.

      So, in Indonesian Army, many Raider battalions have one Gultor team / platoon each. And of course Taipur is well trained in it too.

      The hostage rescue in Papua recently, a unit of Sat-81(already established from Den to Sat) was for support, and the in the front was from Grup-1 Parako (not Sat-81) and supported by Kodam's Raider (not Kostrad). And other site is handled by Taipur Kostrad and supported by Kodam's battalion.

      In Polri, the Gegana are intended to be anti-terror unit, and available in Brimob center and Brimobda. And many operators of Densus 88 are from Brimob corps particularly from Gegana unit.

      Hapus
    3. In Indonesian Navy, almost in main combat ship, there is a VBSS unit to size other ship.
      So, in some level of terrorism happens, the Fleet can send the VBSS team to respon while the Kopaska or even Denjaka is on going to anticipate if it escalate to the next level.

      Hapus
    4. Mas drop zone apakah pernah berhitung konsekuensi anggaran, latihan dan berapa SDM yang didekasikan utk tugas ini?

      Bisa dikasi referensi negara maju yang punya pasukan kontra teror sebanyak ini...

      Hapus
    5. yang menarik pasukan infantri dari kodam cendrawasih, ada 6 batalyon yg smuanya berkualifikasi raider bravoπŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  4. ada apa gerangan jagoan saya di pensiunkan dini padahal masih ada waktu sekitar 3 bukan lagi masa aktify ikut sedih jadi y, saya tak terima dunia akhirat jagoan saya di perlakukan seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beliau sendiri yang ajukan pensiun dini kang mas.

      Kabarnya mo 'nyalon'.

      Itu tetap niat yang baik.

      Hapus
    2. Betul itu..infonya ambil pensiun dini

      Kemungkinan mau maju ke pilgub...

      Hapus
    3. Nek ra trimo njur arep demo berjilid-jilid po mas doni....

      Hapus
    4. Kayaknya ini beda orang yang dibahas....

      Hapus
  5. Kesian malaysia tak de brigade komposit

    BalasHapus
  6. Hahaha bukan pangkostrad mas tapi panglima tni di ganti terlalu dini dan terlalu di paksakan karena adanya permainan politik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan memang keduanya ada hubungannya ama politik kan mas..?

      Hweihihi...

      Btw, Falcon 52ID batch terakhir siap deliver tuh.

      On schedule, salut!

      :D

      Hapus
    2. Sebuah keniscayaan mas doni...Indonesia butuh panglima yang visioner, sanggup menjawab tantangan kedepan...bukannya malah mencampur adukkan dg kepentingan politik.

      Ini soal keteladanan bro...

      Hapus
    3. Gampang sebenarnya menilai,sevisioner apapun semua ujung tugas panglima TNI tetap 1,menjaga kedaulatan,kedamaian NKRI baik ancaman dr dalam dan dari luar..apakah rakyat ada yg merasakan dirugikan selama kepimpinan panglima TNI pak gatot?..nah biar yang jawab rakyat sendiri..

      Hapus
    4. Tapi bener lho mas...

      Gara2 komen pak Gatot yang menyatakan fenomena banyaknya pasukan US di deployed di Aust bikin kita jadi was was jangan2 ada agenda US terhadap negara kita ?

      Statement beliau yang marah2 ke Aust gara2 kasus pelecehan Pancasila juga harus diapresiasi, namanya simbol negara bagaimanapun harus dibela.

      Hapus
  7. Sudah mulai tersistem kekuatan TNI,utk kekuatan sekarang kira2 sudah berapa puluh embrio yg setara ini..mantaap jiwa...sebagai lapisan terluar yg terformasi..disamping kekuatan utama..

    BalasHapus
  8. Bisa di kasi ane pencerahan gimana organization konstrad? main battle tank AD ngapain dibawah konstrad, it suppose dibawah briged kalvary ato armoured corp.. maaf ane bertanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kostrad basically become fast rapid force di TNI-AD. Jadi semua yg plg bagus di TNI-AD ada di Kostrad sebagai kekuatan pemukul utama.

      Kostrad ini yg akan gerak mobile dari satu area ke area lain. Krn kekuatan TNI-AD lainya masuk ke teritorial (area) command (Kodam) yg prinsipnya fokus ke teritory dlm tanggung jawabnya.

      Hapus
    2. Kostrad is Army's strategic reserve in Corps level, contains two infantry divisions.

      Emphasize in strategic, then it must be has big punch and also rapid deployment in any where in Indonesia.

      Then the divisions have airborne brigades (the airborne battalions regularly rotated for quick reaction foece), mechanized brigades (with Raider qualification), artillery brigades (with MLRS and SPH), airborne engineer battalions, and of course the heavy armor battalions for the big punch.
      It also have combat recon battalion for the eyes and ears of the corps.

      Hapus
    3. Kostrad is Army's strategic reserve in Corps level, contains two infantry divisions.

      Emphasize in strategic, then it must be has big punch and also rapid deployment in any where in Indonesia.

      Then the divisions have airborne brigades (the airborne battalions regularly rotated for quick reaction foece), mechanized brigades (with Raider qualification), artillery brigades (with MLRS and SPH), airborne engineer battalions, and of course the heavy armor battalions for the big punch.
      It also have combat recon battalion for the eyes and ears of the corps.

      Hapus
    4. kok konstrad??? kostrad jeung jepe kostrad haha! πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Kostrad(Komando Strategis Angkatan Darat) adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA). Tipe unit adalah pasukan tempur. Selain kostrad masih ada kopassus.

      Bedanya dengan kopassus, jumlah personil pasukan kostrad lebih banyak & di dalam struktur organisasi kostrad ada divisi infantri, divisi kavaleri dan divisi artileri. Sedangkan kopassus memiliki divisi infantri berkualifikasi parako.

      Kualifikasi prajurit infantri kostrad adalah raider & para raider. Para raider berkemampuan lintas udara alias terjun payung

      di indonesia pasukan tempur selain kostrad & kopassus masih ada korps marinir dari tni al

      kostrad adalah kekuatan pemukul utama tni ad, tepat seperti yg dibilang om barat haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      artinya kalo ada tamu tak diundang, yg nyambut itu pasukan kostrad haha!

      Hapus
    5. Kostrad jg temasuk dalam PPRC(pasukan pemukul reaksi cepat) dari unsur Satgasrat (Satuan Tugas Darat)=tugas mereka adalah sebagai pasukan pemukul.

      Satgasla (Satuan Tugas Laut)= tni al bersama korps marinir sebagai pasukan pendarat

      Satgasra (Satuan Tugas Udara)= tni au, tempur udara.

      Utk alutsista seperti tank MBT leopard masuk divisi kavaleri kostrad. Yg pegang MBT yonkav 2/divisi 1 kostrad + yonkav 8/divisi 2 kostrad

      Kodam(Komando Daerah Militer) itu pertahanan teritorial adanya di beberapa propinsi. total skrg 15 kodam aktif, dulu perna lebih terus dikurangin, eh ditambahin lg haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      tiap kodam jg py divisi kavaleri sendiri, tp isinya bukan mbt, soalnya gak cukup 103 bijik dibagi kesemua kodam haha!

      mereka pakai tank ringan amx13. kedepannya akan pakai yg baru, si medium tank, harimau itemπŸ‘πŸ‘πŸ‘

      https://www.youtube.com/watch?v=3mvNMnCOwKs&feature=youtu.be

      kalo di itung kebutuhannya 15(div kav) x 50 tank medium= 750 tank wakss😱😱😱 byk bingitsss haizzz 😊 😊 😊
      contoh kalo awak liat di kalimantan tuw ada 2 kodam, sebelumnya cuman satu, dulunya jaman mau serbu ke utara ada 4 kodam haha! 😱 😱 😱

      seluk beluk kostrad: Kostrad : Pasukan Pemukul Strategis TNI AD πŸ‘ πŸ‘ πŸ‘
      https://www.youtube.com/watch?v=DYMvLVpLl5M

      Hapus
    6. waks kalah cpet ama om dz, CAKRA haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    7. wah makasih mas palu,barat and drop zone atas pencerahan..sedikit berbeda dari 10th Para Malay yang bersaiz briged duduk dibawah 3th Divisi..moga Indonesia dan Malaysia terus membina kekuatan dan saling bersatu padu...

      Hapus
    8. simi2πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  9. Apa ini batalion yang sama dengan batalion cakra..? Ada yg bisa kasih info..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama om..cakra yach kostrad. itu semboyan mrk..CAKRAπŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  10. Yuk gabung segera di agen poker terbaik dan terpercaya ^_^ dan tidak ketinggalan juga loh banyak bonus di QQBendera.
    Nikmati berbagai keuntungan bermain di QQBendera !!!
    BONUS EXTRA TurnOver/Cashback 0.5% Setiap Minggu dibagikan pada Hari Rabu Dan Sabtu
    * Bonus Referral 20% Seumur Hidup!!
    * Minimal deposit/withdraw hanya "15.000"
    * Game bisa dimainkan via HP Android/Iphone IOS
    * Menyediakan 7 Game : Bandar Q - Bandar Poker - Adu Q - Domino QQ -Poker - Capsa Susun - Sakong (New)
    * Pelayanan CS 24/7 Untuk Melayani Member Deposit/WD Serta Keluhan-Keluhan Member lho.
    Info Lengkap Hubungi :
    * Website : www*benderaqq*org / Link Alternatif : www*qqbendera*net
    * Pin BBM : D1CD3A22
    * Telepon/WA : +855.155.907.51
    * YahooMail (YM) : cs.BenderaQQ
    * Instagram : QQBendera
    * Facebook : https://www.facebook.com/RealQQBendera/.

    ***Terima Kasih Salam ALL IN***

    BalasHapus