10 April 2018

Skuadron Angkut Baru Juga Dibentuk di Biak

10 April 2018

Skuadron angkut di Biak adalah baru, bukan pemindahan dari Koopsau I atau II (photo : Angkasa Review)

TNI AU Siap Membangun Koops III di Biak, Papua

Jakarta, NusantaraPos – TNI Angkatan Udara siap membangun Komando Operasi Angkatan Udara (Koops) AU III di wilayah Indonesia Timur tepatnya di daerah Biak, Papua.

Hal itu diungkapkan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Yuyu Sutisna usai memimpin upacara HUT TNI AU ke-72 di Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (9/4/2018).

“Kita akan membentuk Koops AU III di wilayah Indonesia Timur karena wilayah Timur cukup luas. Sehingga kita tambah satu Koops AU dan mudah-mudahan prosesnya tidak terlalu lama untuk segera dibentuk,” ujar Yuyu Sutisna.

Menurut Kasau, daerah Biak di Papua dipilih untuk dibangun Koops III karena fasilitas infrastruktur di wilayah tersebut sudah memadai. “Sementara ini rencananya Makoops (Markas Koops) nya berasa di Biak karena fasilitas infrastruktur sudah cukup memadai sehingga tidak harus kita mengeluarkan terlalu banyak untuk pembentukannya,” terangnya.

Baru, Bukan Pemindahan Skuadron

Untuk persiapan pembentukan Koops III tersebut sudah diusulkan kepada Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan tinggal menunggu keputusan dari komando atasan TNI AU. 

Selain itu, TNI AU juga akan membentuk skuadron tempur dan skuadron angkut baru di Biak dan bukan memindahkan dari skuadron I dan II. “Tidak memindah, kita rencana akan pembentukan (skuadron) baru. Jadi di wilayah Timur yang pertama akan dibentuk satu skuadron tempur dan satu skjadron angkut sesuai dengan rencana strategis yang sudah kita rencanakan dari sebelumnya,” pungkas Kasau. 

Skuadron III dibangun untuk menambah kekuatan TNI AU dalam menjaga wilayah NKRI bagian Timur khususnya di Papua.

(Nusantara Pos)

45 komentar:

  1. sudah kelihatan.. nantinya diisi herkules tipe J dan A-400 milik PPI.. haha.. Indonesia boleh.. 😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. a400m kyknya gak masuk ska angkut tni au dech om bagaz, soalnye tatut klaim asuransinya angus haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  2. Terbaik untuk indonesia...go forward indonesia,shopping terus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu, kan bajetnya uda terkoordinir apik haha!

      Hapus
    2. Tahniah TNI good job. 👍

      Hapus
  3. “Tidak memindah, kita rencana akan pembentukan (skuadron) baru. Jadi di wilayah Timur yang pertama akan dibentuk satu skuadron tempur dan satu skjadron angkut sesuai dengan rencana strategis yang sudah kita rencanakan dari sebelumnya,” pungkas Kasau.
    --------------------------------

    Maksudnya semua isiannya pespur, jg peskut nya baru semua ??
    Kl iya..mantap tap tap 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kalimat "..Tidak memindah.." = baru.. :)

      Satuan Paskhas nya..?
      Hanud pangkalannya..?
      Heli Combat SARnya..?

      Bakal banyak.. :D

      Hapus
    2. Kirain homebase nya doank yg baru..
      Ternyata isian jg baru..selamat tni au

      Hapus
  4. Ancaman isreal pada indonesia di papua untuk merdeka sebab itu indonesia kena berhati hati dengan main isreal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. israel? papua?
      gimana ceritanya nih oom Mahat..

      yg jelas dong

      Hapus
    2. kau tak usah risau pasal papua.. tpi risaulah pada Najib dan sultan bangang kau yg telah menjual johor, pulau penang, pahang kepada komunis china.

      Hapus
    3. Mungkin malon jadi propinsi baru china 10 tahun ke depan.
      hehehe...
      Lumayan malon numpang kaya n tenar

      Hapus
    4. Om,cina sudah menguasai malasnya,seharusnya itu om mahat yg harus pikirkan

      Hapus
    5. mana ada tanah di jual... yg di jual adalah rumah...dengan status pajakan... hong kong pun china ambil balik lps habis pajakan....kalau pasal tanah di pahang... habis tanah di negara china tu kira jual kpd malaysia jugak lah...

      Hapus
    6. pura2 aja die, om mahat batuw kan fens sono, senjatanya mewah & mehong cem rafael idolanya haha!🤣🤣🤣

      eh gimana om mahat batuw uda nemu blom plasma laser underwaternyah, yg aseli bukan tempelan stiker haha!😋😋😋

      Hapus
    7. Papua itu sdah sah menjadi bagian indonesia,dan negara2 di dunia bahkan PBB telah mengakuinya sebagai bagian dari indonesia jadi indonesia tdk terlalu risau..

      Hapus
    8. Kalau mereka minta memorandum rakyat indog tak boleh buat apa ok di sokong dengan negara sekitar ix ix ix, hati2 isreal tamak itu mumcul di papua ok, isreal beli negara kangaroo untuk sokong seperti timur2 dula mampu. Lagi negara papua dan timur2 negara hasil rampasan bukan negara minta masuk dalam pesatuan indog2,

      Hapus
    9. Mahairi@ setakat ini ada ko lihat minta referendum,justru SSKM makin kuat di sabah sarawak kerana rezim diktator najib makin kejam sama rakyatnya....go go SSKM km boleh

      Hapus
    10. blom termasuk yg disamping kiri negerinya om ben om pit, uda ngancem tuch haha!😂😂😂

      Hapus
  5. Woow...
    Skuadron Angkut baru

    moga2 buat ngangkut yg baru2 lainnya juga nih

    BalasHapus
  6. https://www.jejaktapak.com/2018/04/10/australia-gelisah-china-dikabarkan-ingin-buka-pangkalan-milter-di-vanuatu/

    #Setelah Timur leste giliran Vanuatu yg dibikin bimbang oleh China. xixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah dengerin nih om AP junjunganmu Mr Ausy ketar ketir sama china,itu pula ko kata indonesia ngadu ke ausy Wkwkwk...dasar AP damn troller sejati Wkwkwk

      Hapus
    2. tukan liat dech osi bukannya lapor oma, malah lapor ke opa haha!😭😭😭

      jadi nich keknya haha!🤠🤠🤠

      Hapus
    3. Nanti ostrali ngadu ke Indonesia.. . lihat ajah. .

      Hapus
  7. Skadron angkut baru ya ?

    Ehem, tapi nggak dikasih tau apakah skadron angkut berat atau skadron angkut ringan ?

    Gue curiga kalo skadron angkut di biak ini adalah skadron angkut komposit (berat dan ringan).

    Beberapa hari lalu khan ada berita TNI AU akan beli 9 unit CASA 212 ? Ingat ?

    Trus kemudian ada berita lagi mau beli 5 unit hercules. Ingat ?

    9 + 5 = 14

    Coba lihat hitungan ini :
    1 operasional + 1 siaga + 1 perawatan + 0,5 cadangan = 3,5

    Kalau dikali 4 menjadi :

    (4 x 1) + (4 x 1) + (4 x 1) + (4 x 0,5) = 4 + 4 + 4 + 2 = 14

    4 operasional + 4 siaga + 4 perawatan + 2 cadangan = 14 unit

    Jadi gue curiga kalau skadron angkut komposit ini akan terdiri dari 9 C212 + 5 hercules.

    Tapi ngomong2 dulu di tahun 2014 ada berita bahwa akan ada juga pembentukan skadron 33 di Makassar.

    Sementara di tanggal 22 Mei 2009, hercules kita tinggal 23 unit.

    Ditambah 9 unit dari Australi.

    23 + 9 = 32 unit

    1 jatuh di Medan tahun 2015
    1 jatuh di Papua tahun 2016

    32 - (1+1) = 32 - 2 = 30

    30 unit ini untuk skadron 31 dan 32.

    Sementara untuk skadron 33 belum ada.

    Jadi kesimpulannya :
    Pembelian hercules tidak hanya 5 unit namun bisa jadi lebih dari 20 unit, namun dicicil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesimpulannya yg gw demen...

      Go Herky... Go.. !!

      Eh... A400M yg katanya rencana AKAN 5 unit gak masuk itungan mas ? Apa gak jadi beli ?

      Hapus
    2. Dicicil mas.

      2 unit dulu, buat PPI.

      yang 3 lagi nanti.

      Trus tambah 3 lagi.

      Jadi 8.

      Lumayan lho, 8 unit A400 = 14 unit herky.

      Belum lagi yg buat tanker udara.

      Hapus
    3. Tapi syarat dan ketentuan dari pembeli tetap berlaku (sawit).

      Hapus
    4. Selama ini 1 skuadron C-130 emang isinya juga antara 8 - 12 biji. Versi B yg masih terbang tinggal 4 biji, plus 5 kalo beli yg J itu lah isi Malamg nantinya.

      Yg ex Ustrali bukannya emang direncanain isi skuadron baru di makasar.
      Yg Halim kan isinya emang 8 C-130H yg masih ada plus 2 L-100 yg masih operasional.

      A-400M kan nantinya dioperasikan Pelita toh..macam Transall dulu..

      Hapus
    5. catatan tambahan om woof2, herki pertama kita uda masuk museum

      kalo dari database kita punya: 37 herkules dari berbagai macam varian.
      total yg w/o=10 bijik(termasuk A-1334 jatuh di papua)

      osi=9-7(blom dtg)= 2 bijik.

      37-10=27 bijik -1(musium).
      total herki 26 bijik.


      buat vvip & angkut kalo gak salah dari garuda & lion ada masuk 2 bijik buing 737.

      kalo jadi ambil 5 bijik, tentu akan menambah armada angkut pasukan para kita haha!😉😉😉

      Hapus
    6. Nambahin..23 C-130 itu dg hitungan yg B 10 biji yg masih operasional plus 3 L-100. Lah yg B yg masih jalan tinggal 4 biji. Itu juga setelah dihidupin di Texas sono..

      Hapus
    7. eitt kebulak, yg blom dtg 2 lagi haha!😋😋😋

      tahap pertama katanya 5 bijik, tahap selanjutnya guwe dukung, lengkapi 1 ska super j dach haha!👍👍👍

      Hapus
    8. VIP skuadron jangan dimasukkan ke angkut sebab sudah ada skadron VVIP sendiri.

      8 unit herky per skuadron itu sangat kurang, mestinya minimum 12 herky.

      Jadi herky =
      4 skuadron x 12 unit = 48 unit
      ATAU
      4 skuadron x 14 unit = 56 unit

      Jika dikurangi dengan 8 A400m yang setara 14 unit, maka kebutuhan herky tinggal 56 - 14 = 42 unit.

      Sekarang, herky tinggal berapa, trus yang rusak / nggak bisa terbang sehingga perlu diphase out berapa, jadi kekurangannya berapa.

      37 - 10 = 27

      Udah termasuk yang 6 yg tidak bisa jalan.

      27 - 6 = 21

      42 - 21 = 21

      Jadi kurangnya 21 unit

      Jika dikurangi 5 unit yg mau dibeli, totalnya tinggal 16 unit untuk dibeli bersama Viper.

      Tetapi kalau 1 skuadron 16 unit,maka :

      4 x 16 = 64

      Kurangi dengan 14 herky setara 8 A400m

      64 - 14 = 50

      50 - 21 = 29

      Kalau dihitung 1 skuadron 16 unit maka kekurangannya adalah 29 herky.

      Jika dikurangi dengan 5 unit yang mau dibeli maka yang dibeli pada periode mendatang adalah 29 - 5 = 24 herky untuk dibeli bersama viper.

      Hapus
    9. mantebbb om 👍👍👍

      ohh gak bole digabung, siyap ndan, soalnye kdng itu buing2 diset buat angkut pasukan jarak mayan jauh, misal buat pasukan pbb.

      nah kalo c295 masuk mana yach om woof2, katanya kalo kamo ijo buat angkut pasukan para. bisa paskhas & linud kostrad. mayan juga kita py 9 impor sisanya rakit sini. kan mayan banyak tuch haha!🤗🤗🤗

      kyknya bakalan komposit super j, c295 ama nc212.

      Hapus
  8. Lihat tuh di pojokan bilik termenung ad siapa? (Bingung mau ngomong apa?) yang katanya miskin bodoh malah lebih pinter dr yang ngomong ompong. Bicara dengan data siiip bung ww aka tn

    BalasHapus
  9. Koq di biak ya...rencananya kan buat skadron 33 Hercules di makasar....mungkin skadron angkut ringan / sedang x yg ada di biak..secara baru order 9 bijik NC 212 dari PT.DI... Heeheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebijakan baru kyknya om tupez, kudu parkir di garis terdepan.

      mungkin dilain waktu, bakalan namba bbrp ska di pulau utama papua, scara gde bingit kan tuch pulau haha!🤗🤗🤗

      moga2 di timika ama merauke, skalian pasang wing loong eh apa tuch satu lagi, lufa haha!😅😅😅

      Hapus
  10. Sorry nick Woof Woofnya hilang entah di mana, kok nggak bisa pakai nick WW lagi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin efek ganti poto mas ?
      Kok jadi beruk sih biasane doggy ? Hwakakakakakaka joke

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus