12 Mei 2018

LST KRI 521 Siap Diluncurkan

12 Mei 2018


LST KRI 521 yang dibuat oleh galangan kapal PT Daya Radar Utama (DRU) di Lampung  (all photos : Seto_k98)

Untuk memenuhi program MEF hingga tahun 2024, TNI AL menginginkan pembelian 12 kapal LST baru, sebagaimana yang pernah disampaikan oleh KSAL pada tahun 2009. Hal ini dilakukan untuk mengganti armada kapal LST yang sudah menua.

Dari rencana 12 kapal LST baru tersebut, 3 kapal LST batch pertama telah dipesan (2 dikerjakan galangan DKB dan 1 di DRU), kemudian diikuti pesanan batch kedua sebanyak 3 LST pada April 2016 di galangan DRU dan diikuti dengan keel laying pada bulan Juni dan Juli 2016. 

Seperti pada kontrak LST batch pertama, maka penyelesaian kapal LST ini akan memakan waktu selama 16 bulan semenjak kontrak efektif, sehingga pada semester pertama 2018 kapal LST ini harus diserahterimakan.



Kapal LST dengan panjang 120 m, lebar 18 m dan berat 2.300 ton ini dapat mengangkut 10 tank Leopard, 363 pasukan bersenjata lengkap dan sanggup membawa 2 helikopter. Pada foto diatas terlihat bahwa fisik kapal ini telah selesai dan siap diluncurkan. Untuk selanjutnya penyelesaian pekerjaan di dalam kapal akan dilakukan di dok basah.

Penamaan LST di TNI AL biasanya diambilkan dari nama teluk yang ada di Indonesia. Dalam beberapa forum militer kapal LST ini disebutkan akan diberikan nama KRI Teluk Lada, satu nama teluk di provinsi Banten yang menghadap ke arah gunung Krakatau.

Pada saat yang sama galangan DRU juga mengerjakan pesanan kapal tipe LCU-1500 milik TNI AD. Kapal ini direncanakan untuk mampu mengangkut 8 tank Leopard, 1 tank transporter, dan 1 helikopter. Meskipun dinamakan LCU kapal ini mempunyai panjang 99m dan lebar 16m, serta kecepatan maksimal 14 knot. PT DRU mengatakan bahwa serah terima kapal ini direncanakan pada akhir tahun 2018.

(Defense Studies)

127 komentar:

  1. Woooooww.. woooowww.. lagi2 menggerunkan sangat Indonesia.. 😲😲😲 mampu membuat LCT Made in tempatan. 6 diorder 2 sudah jadi dari 12 rencana membangun LST. Haibaaattt Indonesia.. Tahniah TNI..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahniah Om Mat Rempit. Mat Sabu is the Malaysian Minister of Defense ~~~~

      Hapus
    2. om mat.. kalau tuan sudah jadi menteri.. harap segera hantar wang kopi. saye nii penyokong tuan pula lah
      πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
      πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    3. Tuan muda gila@ sama2 bro

      Si tua@ siapkan awak punya rekening biar saya transfer wang kopi2 tuh wkwkwk

      Hapus
  2. What...naik lagi katanya 7 bj kok nambah jd 12 bj enaknya buatan tempatan nambah sekarepmu dewe duit2 gue kapal2 gue...sirik tanda tak mampu

    BalasHapus
  3. tapi yang dari dkb kabar nya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohhh mandek sayang banget bro rampit padahal dah di beri nama kri teluk kupang 519
      https://www.youtube.com/watch?v=WLk7M0pYDRY

      Hapus
  4. Mantap...12 unit...udah jadi 3 dipesan 3...separuh jalan...leopardnya ditambah juga donk

    BalasHapus
  5. "kemudian diikuti pesanan batch kedua sebanyak 3 LST pada April 2016 di galangan DRU dan diikuti dengan keel laying pada bulan Juni dan Juli 2016."

    ^^^ Actually the 2nd batch is for AT-4 (Angkut Tank 4) or LST-4 by PT DRU. The 3rd batch is for AT-5, AT-6 & AT-7 also by PT DRU.  

    BalasHapus
  6. berhubung ini brita dari mimin sendiri, moga2 diperhatikan haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    lah kok 6, harusnya kita punya 7 LST baru. sperti data guwe dulu min haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    batch pertama 3 bijik, dibuat PT DKB & PT DRU.(518,519,529).

    lalu LST 4, KRI 521 buatan PT. DRU.

    http://defense-studies.blogspot.com/2016/06/pembangunan-kapal-lst-at-4-dimulai.html

    lalu ada 3 tambahan LST, masing LST 5, 6 dan 7.

    http://defense-studies.blogspot.com/2017/04/tni-al-order-lagi-3-kapal-lst-di-lampung.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. disain 521, makin dibuat okeh ama pt dru. tampilan anjungannya lebih sip haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      apalagi yg ini om pit dkk, gak bakalan ada di SIPRI bukan SUPRI tralala trilili haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      jadi kalo ada yg tiba2 nanya, berapa tuh kos development? silakan ditung tung tunggπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      blom tau die pabrik kapal kita banyak sangat haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      ada yg bisa bikin kapal kebut KMC,

      blom lagi kapal BCM kita, wuiihhh jalan satu lagi tuch di batam.
      diem2 mulus beredar 905 KRI Tarakan.

      trus kapal CG kita TJ datu. yang tak perlu tot melulu, kita bisa SENDIRI jugak kok haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      namun untuk beberapa hal, emg perlu tot, jika diperlukan. klo uda kelar mah, langsung kebut cem SSV filipin & LPD terbaru TNI ada 2 lagi, mana mungkin masuk SIPRI bukan SUPRI haha!🀣🀣🀣

      trus KCR, dari FPB luursen jerman...skrg kita bisa buat banyak pon, takkan masuk SIPRI bukan SUPRI haha!πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š


      bukan menyinggung prasaan. tapi yg disebelah kl ditanya muter2 trus pada kabhur haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      setelah guwe pelajarin, emang yg "ITUW" bikin apa2 xlaluw TOT, biar kliahatan proyek mahal. okelah tak masalah, ilmu emang mahal.
      tapi setelah ituw hasil akhirnya bagaimana? apakah bisa ngerjaiin sendiri ato tidak,
      gak perlu guwe sebut proyeknya sila dipikir masing2 haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰
      itulah bedanya dengan kita, antara bumi dan planet pluto kyknya haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. Aduh om palui...sy kan cuma mrespon aja..diaini slalu bilang karya anak bangsa..bikin sendiri dari purwarupa hasil r&d perusahan lokal..klu malaysua dibilang tak punya purwarupa...padahal mmg gak pernah malaysia klaim hasil development sendiri kan..tuh gempita belum nongol juga sudah dibahas habis di forum malaysia..kapan malaysia klaim gempita karya anak bangsa??

      Justru yg selalu klaim hasil karya anak bangsa kan yindon..aelalu klaim mulai dgn menghasilkan purwarupa sendiri..

      Nah..kalau udah sanggup klaim developement lah..purwarupa lah..langsung aja bahas kosnya..biar clear..

      Bukan asal ngomong klu memang kos developement itu yg paling di pikirkan para produsen produk militer dari negara mana pun..bahkan dari negara sehebat US sekalipun...

      Gak ada yg berani mjelaskan detail kos developement produk militer karya anak bangsa kerna memang jelas yindon cuma merakit produk karya negara lain & kemudian klaim karya sendiri @ tempel stiker...

      mending om palui ngaku aja...gue takut bentar lagi bakal terbuka sendiri tuh tembelangnya...kihkihkih...malu lah om palui klu sampe kaya gitu...kihkihkih











      Hapus
    3. Kalo ada yg tau detail r&d cost itu ane salut bro.. :p

      Hapus
    4. jawaban guwe sperti om diatas guwe haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      kan ude guwe jawab dr bbrp hari laluw, ihh si om anak gak dibaca dech haha!🀣🀣🀣

      lingling:
      http://defense-studies.blogspot.com/2018/05/pindad-cetak-laba-rp-92-miliar-di-2017.html

      "meski pindad dibawah naungan tni ad.
      struktrur organisasi pindad dibawah kementerian bumn, makanya bos2nya yg pilih sang menteri tersebut.

      sedangkan penggunanya bisa dari kemhan(kementrian pertahanan) ato pun kemhub(kementrian perhubungan) dan lain2 jugak haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘"

      Hapus
    5. @anak penerima,di firma manapun jika mereka menghasilkan suatu produk pasti tidak akan mau membocorkan cost & expense yang mereka habiskan dalam development .Ianya jadi rahasia yang harus dijaga.Tujuannya agar dapat menjual dengan harga setinggi mungkin.
      Kalau pembeli tahu berapa cost & expense yang mereka keluarkan pastilah akan ditawar serendah mungkin.
      Kamu ni sekolah apa sampai mana?????

      Hapus
    6. Om AP ,di kita ada namanya Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan beberapa lembaga penelitian dan pengembangan supaya riset yg ad di Indonesia.

      Klo ga salah alokasi anggaran riset di Indonesia sekitar 0.09 persen dari PDB, sebesar Rp 9 triliun.di tahun kemarin...selain itu pemerintah bekerja sama dengan swasta perihal pengembangan dan pembuatan senjata...baik dari mulai riset atau pun produksi...riset yg d lakukan sesuai dengan apa yg di butuh kan user dlm hal ini TNI,
      Cb om liat beberapa industri swasta berkolaborasi dengan pemerintah perihal pembuatan senjata yg sesuai dengan kebutuhan user...jd paham kan....klo dr pemerintah Indonesia sendiri hanya 0,9 % dr PDB...ud puas blom om AP....

      Klo Malon anggaran riset pertahun nya berapa ya om...buat riset alutsista Malon?
      Hehehehe

      Hapus
    7. Asrul ajah..

      Merahsiakan amaun sebenar R&D vs merahsiakan nilai R&D tuh beda don...

      Nilai r&d tuh nantinya akan berimbas kepada seberapa mungkin produk itu bisa di klaim karya anak bangsa atau sekadar tempel stiker doang...

      Nilai kos developement akan menceritakan gimana nanti nya sesebuah prusahan baik swasta atau Bumn akan menetapkan target jualan mereka di pasar...

      Negara yg kecil kebutuhan pasar domestiknya mau tak mau akan bermatian2 mcari pasar expor kerana itu nantinya akan mengurangi beban kos development/unit yg berimbas kepada harga jualan/unit...

      Negara yg besar seperti yindon pula..bisa mewujudkan kebutuhan domestik yg cukip besar utk melunasi biaya developement itu..setelah itu baru mencari pasar ekspor dgn harga yg lebih kompetetif @ tak terbeban dgn biaya developement...

      Itu kan yg di lakukan oleh CASA & Yindon..dimana awal produkai CN235..rata2 kan utk "kebutuhan" kedua negara spain & yindon....

      Gak ada negara yg menghambur uang utk R&D produk militer yg diketahui mahal sekadar utk memenuhi kebutuhan domestik yg kecil...mau alasan mandiri @ menasionalisasikan teknologi..pasti di sertai dgn target jualan yg harus di capai supaya bisa terus sustain...

      Kalau memang ada negara yg klaim membangun produk militer karya anak bangsa tapi jualan domestik nya sendiri kecil..tuh bererti gak normal @ pembohongan publik...pasti ceritanya kerjaan tempel stiker doang...

      Hapus
    8. Inti nya malon Imperiory Compleks macam lu ngga bisa terima fakta..πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      Source mana pun menyatakan Indonesia punya andil besar dalam pembuatan pesawat CN 235 terlihat dalam prefiks CN dan pesawat itu sudah di pakai oleh banyak negara.
      Anoa sah buatan Indonesia.. kapal LpD sah di ekspor ke Philipina sebagai salah satu buatan Indonesia.
      Jangan mewek ya lon kalau sudah tertinggal jauh dari Indonesia πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    9. Ya...malaysia memang tertinggal jauh dari indonesia soal keahlian tempel stiker...


      Kihkihkihkihkih

      Hapus
    10. AP@ siapa kata CN235 jualannya kecil,ko lihat berapa jumlah CN235 yg dah terjual,begitupun dana RnD CN235 di bagi 2 antara PT DI dan Casa,so dana RnD dibagi 2 tak akan memberatkan budget indonesia

      Begitu jg dana RnD SSV yg di jual ke philipina telah berikan saat proses TOT dari korea,pembelian 4 LPD TOT dari korea sudah disertai dana RnD pada proses TOT tuh

      Hapus
    11. Imperiory Compleks selalu jadi kan stiker kambing hitam πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† Ya sememang Malon dalam Keahlian pembuatan pesawat, kapal, dan military equipment tertinggal jauh dengan Indonesia.. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    12. Masa indonesia disamakan dgn malon negara penuh tipu2 tukang stempel wkwkwk...kl tukang stempel mana bisa diakui dunia wkwkwk...kl tukang stempel mana bisa masuk SIPRI dan Janes wkwkwk...berak dulu ko sana lon wkwkwk

      Hapus
    13. Faktanya, Malaysia tertinggal 20 tahun

      Hapus
    14. Tuh kan om AP ga jawab ,d tanya berapa dana riset Malon...

      Hehehe...
      Malon itu dana riset lumayan gede loh...tp kenapa dana riset nya gede tapi ga ad alutsista produksi sendiri ya om AP ?
      Hehehe

      Hapus
    15. Tun M Mengatakan bahwa budget anggaran negara Malon itu penuh dengan tipu2 nyatanya negara tak de Wang dan anggaran setiap kementrian tidak pernah turun sesuai budget yang di tentukan πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    16. Tak usah di tanggepin komentar OM AP karena dia hanya tidak bisa menerima kalau negara tentangganya indonesia itu mampu menghasilkan peralatan militer hasil karya anak2 indonesia. Yaa maklum negaranya kan hanya mampu tempel stiker sesuai dengan perkataan OM AP laa stiker hehehe...
      RX550,roket arhanud 122 mm,truk PT 44,BTR 58 karya wirajayadi,kendaraan taktis ILSV,panser komodo,ss1,ss2,ss3,pistol G2,peluru,bom P100,P200,kapal KMC,kapal KCR60,KCR40,pesawat N219,pesawat R80,Radar Indra,kereta Api karya PT InKA. Tak mau di klaim juga om AP sebagai tempel stiker..hehehe..!!
      Saya sendiri tidak usah butuh pengakuan orang malon kalau itu adalah buatan indonesia cukup negara negara di dunia ini sekaligus negara pembeli yg mengakui kalau itu buatan kami.kami tidak perlu pengakuan om AP kalau itu buatan kami,cukup PM malon dan tentara malon yg mengakui kalau itu buatan indonesia sebagai pengguna CN235.keh keh keh.

      Setidaknya indonesia tidak macam malon yg membuat senapan berapi yg bentuknya sangat aneh bahkan ATM pun tak sudi memakai senapan yg hanya untuk menembak burung,deftec membuat truck militer 4x4 pun ATM tak sudi untuk memakainya bahkan ATM pun lebih ingin memakai mobil twins buatan thailand lalu namanya di ganti. Hehehe...
      Hanya 1 kelebihan malaysia,bahkan orang2 di dunia pun mengakui kalau PM tun adalah PM tertua di dunia.. Keh keh keh...

      Hapus
    17. wah ditinggal bentar masi rame nich,
      hadeuuhh ditunggu berhari2 kok blom dijawab om anakerokan, ituw linglingkuh haha!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€


      Hapus
    18. buat mimin, nich ada lagi brita kita buat 4 LST di PT DRU.

      mantap, pake modular sistem haha!😊😊😊

      Menengok Kapal Pesanan TNI AL
      https://www.youtube.com/watch?v=An8lfELraAE

      Karya Anak Bangsa nich om anakerokan haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      gak bakal ada di impor SIPRI bukan SUPRI haha!😎😎😎
      https://www.youtube.com/watch?v=hZ8f_hnN1NY

      Hapus
  7. kalau mau cepat...pesen ke palindo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah full itu, orderan TNI AD, AL, Bakamla, Basarnas, KKP, belum dr swasta.. :D

      Klewan mana niih, April dah lewat..hwekekek

      Hapus
    2. tni bebas pesen kemana ajjah om daru, soal lama ato cepaat hrs dilihat spek & masalahnya begithucu.

      PT DRU malah sudah kerja bagus & cepat. apalagi disain anjungan makin ganteng.

      pabrik kapal moderen kita punya banyak, kalo ente liat PT BATAMEC yg ngerjain 905 Tarakan. yach fasilitasnya bolelah, mirip2 pt pal, pt dok, ada graving dok jugak haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
    3. silakan difentung om darunya, guwe nitip om pedang haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Masbro...

      Ada yg tau progress hingga saat ini mengenai "hantu laut dari banyuwangi (trimaran project)"

      Kasih infonya kalau ada yg disekitar banyuwangi

      Hapus
    5. Penasaran sama klewang ya...saya ada link nya koq ��

      Hapus
    6. Penasaran sama klewang ya...saya ada link nya koq ��

      Hapus
    7. Mana linknya om @slh212, bagi dimari...

      Hapus
  8. Share aja deeh...

    "..Indonesian Aerospace has received an order for two additional C235 maritime patrollers for the Indonesian Navy, adding to five already ..."

    Bonus :

    "Indonesia has ordered two additional Airbus C295 aircraft, adding to nine already ..."

    Hhmmm, dua C295 itu apa yg mo dikonversi jadi Kodal/AEW/Sigint yaak...? Masih gelap niih, meski Kasau dah pernah nge-clue..

    Hwihihi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo cn235 emg pesen lagi kan tni al?

      c295, kok balik 9 bijik lagi.. bukannya uda lima belasan skr?
      kan ada pesanan dari plokis ama tni ad jugak om pedang, mohon dikoreksi haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—
      tapi kalo 2 ituw buat tni au doank, artinya pas..haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    2. Yoi mas, C295 itu bahas AU punya, 9 existing plus 2 ekor lagi..hwehehe

      Armada CN seriesnya menggerunkan..qiqiqiqi

      :D

      Hapus
  9. Bukan hanya galangan kapal dari perusahaan plat merah, tapi galangan swasta pun mampu membuktikan kepakaran tempatan dalam membuat kapal perang.

    Masih ada yang bilang hasil rakitan sahaje.....(beruk)

    BalasHapus
  10. Kilang kapal lagi banyak orderan, kilang pesawat lagi banyak orderan, kilang senjata pindad lg banyak orderan....Woooww..Luar biasa...tinggal nunggu hasil orderan....siap di masukin ke hangar & garasi...wkwkwkk

    BalasHapus
  11. waduhh.. kok "tetangga' sebelah g nongol2 yaa?? pasti bingung nih mo ngeles ap? mo di bilang cuma tempel stiker, lha.. nyontek punya sapa?? ato.. ikut kena oprasi bersih2 UMNO kali yaa:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umno tidak lagi menjadi parti utama kerajaan malaysia kerana sudah kalah pada pru14 dan kini menjadi parti pembangkang, pakatan harapan telah memusnahkan dominasi umno yang telah memerintah lebih 60 tahun dan ianya juga merupakan detik yang bersejarah buat warga malaysia

      Hapus
    2. Tahniah Pak Cik Eligo. Mat Sabu is your new appointed Minister of Defense.

      Hapus
    3. http://www.malaysiandefence.com/wp-content/uploads/2018/05/MYCAB.jpg

      Senarai kabinet malaysia baru3

      Hapus
    4. @Eligo.. tahniah sudah membuat sejarah di malaysia. smoga semangat perubahan malaysia membawa perubahan yg lebih baik. Mat sabu memang best lah:)

      Hapus
    5. Tahniah bro eligo,,,semoga parti pakatan harapan bisa mwwujudkan kestabilan di malaysia....buat teman2 forum militer, gakvusah kita2 ikut2an politik d malaysia

      Hapus
    6. Wadou.. Tante Rosmah borjuis sama om Najib Rujak mw liburan di cekal. Liburan koq k Jakarta. Wkwkwk..

      Hapus
  12. Gambar di atas pasti lagi tempel stiker, para beruk pun tertunduk malu. Lalu berjalan mundur teratur macam babi xixixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tampal stiker itu untuk negeri yang takde alatan.. terus tiba tiba mengaku bisa membuat.

      la kita sudah lama ada alat produksi lengkap..
      yah tidak satu level lah
      πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
  13. LST bisa...LPD bisa...Ga ad alasan lagi LHD harusnya bisa...

    BalasHapus
  14. Maha lg berbangga diri
    Punya pm yg lg mendunia
    Kah kah kah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Najib sudah kalah semasa pilihanraya baru2 ni, tampuk pemerintahan sudah berubah

      Hapus
  15. Indonesia perlu kapal kombatan ukuran besar

    BalasHapus
  16. #BREAKING NEWS.. Surabaya dibom. hadeeeccchhh...nih teroris ddikasih hati malah nglunjak..

    BalasHapus
  17. #BREAKING NEWS.. Surabaya dibom. hadeeeccchhh...nih teroris ddikasih hati malah nglunjak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, Layak dikarungin tuh curut..

      Hapus
    2. Is there any link with this church bombing event and clashes between counter terrorism police last few days at high security prison?

      Hapus
    3. Teroris ada kegiatan terhadap penodaan agama kerana setiap agama tak de mengajarkan umatnya untuk bunuh diri ataupun membunuh manusia yg merupakan ciptaan Tuhan

      Hapus
  18. Balasan
    1. Hanya skenario polisi untuk minta tambahan 1,9 T dn pengesahan UU terorisme yg baru.

      Hapus
    2. Respek ke korban napa?
      Kalo keluarga ente yg jd korban, ente bisa omong gitu juga tha?

      Hapus
    3. Maaf saya rasa tdk spantasnya coment anda seperti itu, ada korban jiwa pd kejadian itu, berdoa utk para korban itu sangatlah baik

      Hapus
    4. Gue heran ama komen bung dharma nie dari kemaren2 dri komen tntang kasus mako brimob ampe nie bom di surabaya
      Bung ente g mikir y akibat tu kejadian ente g mikir jga y korban dri kejadian tsb
      Ente g mikirin kluarga yg ditinggalin
      Bung belajar agama lagi deh
      Ente muslim kan pegangan ente tu hadis ma al quran bung
      Klo ente dukung tu teroris lebih faedah ente ikut perang ke palestina deh lebih afdhol bukan disini bung gara2 tu bom ekonomi kita ambruk bung... akbtnya ente tw lah.... islam g gitu bung
      Ane kasih tw jga y bung dharma.... ente kenal khalifah umar kagak
      Tu khalifah yg bisa naklukin eropa... ketika beliau mimpin apa beliau maksa warga non muslim buat jadi muslim... apa beliau bunuh warga non muslim trsebut... perang tu cara terakhir bung dharma yg di lakukan beliau tu pun da alasanx... lah yg disini tw kagak yg mereka bunuhin tu sapa... muslim jga bung... belajar agama lagi dink... sana ente g usah sokkk islami... klo ente g tw islam tu apa

      Hapus
    5. Untuk admin nie tlong banget komen kayak bung dharma yg dukung aksi radikal di negri ini di hapus aja ama orangx sekaliannn.... sorry guys gue rada emosi.... soalx ketemu macam orang kayak ini seakan paling bener....

      Hapus
    6. Mohon maaf jika ada yang teesinggung

      https://youtu.be/LoitBMwf-Gs

      Hapus
    7. Cyber crime Polri itu sudah tahu IP nya Dharma 099. Mereka juga sudah tahu posisi Dharma 099 di mana.

      Mereka tinggal kumpulin komentar2nya satu per satu sebagai bukti pelanggaran UU ITE fitnah di sosmed (blog ini termasuk kategori sosmed).

      Hapus
    8. Stau ane teroris di negeri ini kgak pux otak ama hati... bunuhin orang seenakx.... buat ricuh.... buat rusuhhh.... buat sedih dmana2.... pke nama agama tpi iman mereka pda cetek.... otak merka setan kelakuan biadab kayak binatang....klo berani pergi langsung ki ke palestine.... bukat buat onar dinegri sendiri....

      Hapus
    9. Saya mengutuk terorisme, dlm islam tidak ada terorisme. Ini ulah dari oknum oknum

      Hapus
    10. Bagaimana negeri nie bisa maju klo para penerusx cma bisa ngehancurin terus dari dalam.... ngerongrong nie negri.... mendingan belajar... buat sesuatu yg bisa dibanggakan untuk negri ini untuk anak cucu kita... bukan buat hal yg cma ngerugiin baxk orang.... islam dulu terkenal karena ilmu atau kepandaian orng2x serta kebaikan, bukan karena kekejaman
      Belajar buktikan islam lebih hebat dari barat... tu kuncix bkan maen bunuhhh kyak orang jaman batu

      Hapus
    11. Tragedi WTC 11 sep 2011 itu sebenarnya bukan osama yang mendalangi, menurut ahli tidak mungkin gedung ambruk ditabrak pesawat di bagian atas, tp gedung ambruk krn diledakkan dasarya.

      Hapus
    12. Penanaman paham akan bahaya radikal yg kudu ditanamkan... bkan memuji apa yg mereka lakukan... kembali ke hadis ama quran....
      Belajar... dapatkan ilmu yg berguna bagi negri ini.... bukan menanamkan kebenciannn....

      Hapus
    13. Bung dharma itu udah pada tw semua masalah wtc... nie bkan hal itu bung tpi masalh di negeri ini... masalah yg terjadi di negeri kita... lihat akibat kecintaan yg berlebihan kecintaan yg buta kecintaan yg g memiliki pegangan... ente lihat sendiri kan.... baxk korban yg jatuh.... kenapa ane benci soalx ane tw orng2 seperti mereka... mereka menghasut buat benci non muslim...mereka sering blang mereka baikx mati... nie pengalamn ane di kampus padahl kampus ane nie bukan kampus muslim bisa dibilang kampus teknik ternama di negri ini padahal
      Mereka nie korban pemahaman salah kaprah dari orng2 yg ngaku mengenal islam dengn baik
      Jihad disalah artikan
      Islam disalah gunakan
      Balik ke hadis ma quran klo mw mengenal islam tu apa
      Trus cari ilmu yg bermanfaat buat negri ini.... tu jga buat islam sendiri....

      Hapus
    14. Memajukan islam dengan cara pintar ato cara orang bego... tersrah
      Tpi g usah bawa2 islam klo maw majuin islam dengan cara orang bego...

      Hapus
    15. Duh ahli dari mana tuh Dhar ?

      Dharma udah pernah main permainan uno stacko belum ?

      Gedung ditabrak pesawat, pesawat bahwa bbm yg banyak. Pesawat meleduk di gedung lalu gedung terbakar. Karena ada banyak bbm maka bbm juga terbakar. Panas hasil pembakaran melelehkan struktur bangunan dan baja, besi, dan bahan bangunan lainnya.

      Akibatnya konstruksi bagian tengah gedung yang ditabrak jadi lemah dan tidak bisa menyangga bagian diatasnya.

      Bagian di atas itu lalu runtuh menimpa bagian2 di bawahnya, dan seperti susunan domino juga menimpa bagian di bawahnya lagi sampai paling bawah.

      Kalau kamu pernah main uno stacko, pasti kamu mengerti hal ini.

      Hapus
    16. Mengapa amerika mengebom gedungya sendiri krn sebagai alasan utk menyerang/menguasai afghanistan (minyak), mengapa saddam husein dituduh mempunyai senjata pemusnal massal (tidak terbukti) krn ingin mengusai minyaknya. Lalu siapakah yg membentuk densus? Pernahkah diterjunkan memburu opm di papua. Turut berduka cita yg sedalam dalamnya bagi para korban teroriame. Mereka adalah korban dari keserakahan manusia.

      Hapus
    17. Dharma nih sepertinya anggota saracen atau anggota Cyber muslim army(CMA)...buat admin tolong dikarungin orang2 seperti dharma ini

      Hapus
    18. Buat yg muji gerakan radikal nie apa g mikir ketika kalian memuji tindakan mereka secara tidak langsung kalian menanamkan pemikiran kebencian kepada orang lain... kepada generasi2 penerus negeri ini dan secara tidak langsung klian malah menambah luas pemikiran bodoh ini.... yg awalx dibenci malah dikagumi.... mikir yg bijak buat yg suka muji2 radikalisme....

      Hapus
    19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    20. Dan ketika pemikiran bodoh ini makin meluas di negeri ini lantarn kalian2.... maka orng dibalik ato dalang dari ini akan ketawa terbahak2 lantaran apa yg dia inginkan berhasil... klo klian benci ama terorisme g usah deh memuji tindakan mereka...

      Hapus
    21. Bung mat ane dirukyah.... waduh

      Hapus
    22. Wkwkwkwkwk salah y bung mat

      Hapus
    23. Ada empat hal penting yang mendasarinya.
      Pertama, Prof Dr Morgan Reymonds (guru besar pada Texas University, USA) menyatakan ”Belum ada bangunan…baja…ambruk hanya… oleh kobaran api”.
      Kedua, Michael Meacher (mantan Menteri Lingkungan Inggris, 1997 – 2003) berpendapat ”…perang melawan terorisme… dijadikan…tabir kebohongan guna mencapai tujuan-tujuan strategis geopolitik AS”.
      Ketiga,Prof Dr Steven E Jones (guru besar fisika pada Birgham Young University, USA) membeberkan hasil risetnya ”…bahan-bahan peledak telah diletakkan…di bangunan WTC”.

      Profesor Steven E. Jones dari Brigham Young University, Utah, yang melakukan penelitian dari sudut teori fisika mengatakan bahwa kehancuran dahsyat seperti yang dialami Twin Tower serta gedung WTC 7 hanya mungkin terjadi karena bom-bom yang sudah dipasang pada bangunan-bangunan tersebut.

      Dalam kertas kerjanya berjudul “Why Indeed Did the WTC Buildings Collapse?” dan dipublikasikan harian Deseret Morning News yang terbit di Salt Lake City dalam situsnya awal November lalu, Ilmuwan dari Departerment of Physic and Astronomy, Brigham Young University itu menguraikan secara ilmiah penyebab sesungguhnya dari kehancuran tersebut.
      Pihak Brigham Young University sendiri sebelumnya mengatakan bahwa isi dari kertas kerja tersebut sepenuhnya tanggung jawab penulis, bukan sebagai pandangan pihak universitas.
      “Saya mengimbau dilakukan suatu investigasi secara serius atas hipotesa bahwa gedung WTC 7 dan Menara Kembar WTC runtuh bukan hanya oleh benturan (pesawat) dan kebakaran, tapi juga karena bahan peledak yang sudah ditempatkan sebelumnya,”

      Jones sendiri dalam kertas kerjanya tidak menyorot soal politik dan aksi terorisme, tapi ia memfokuskan pada teori fisika atas keruntuhan gedung-gedung tersebut. Ia tidak mau berspekulasi mengenai bagaimana bom itu dipasang dan siapa yang melakukannya.
      Bukan hanya api

      Dalam paper yang juga dipublikasikan pada pertengahan November lalu oleh situs harian Deseret Morning News yang terbit di Salt Lake City, Jones satu persatu mencoba memberi keyakinan bahwa tidak mungkin hanya api yang memporakporandakan gedung berkonstruksi baja tersebut.
      Menurut teori Prof Jones, simetrikal dan cepatnya keruntuhan gedung-gedung tersebut membuktikan bawa penjelasan resmi FEMA, NIST dan 9-11 Commission yang kini sudah menjadi pegangan publik pada umumnya adalah salah.
      “Fakta sebenarnya, tampaknya ada bahan peledak yang sudah ditempatkan sebelumnya pada tiga gedung di Ground Zero itu,” ujar ilmuwan yang mengambil spesialisasi metal-catalysed fussion, archaeometeri dan solar enegy tersebut.

      Hapus
    24. Jeje@ maaf bro hihi...maksudnya dharma nih perlu di rukiyah hihi

      Hapus
    25. Sebelum dan sesudah peristiwa WTC belum pernah ada gedung berkerangka baja yang hancur total karena kebakaran. Namun bahan peledak dapat dengan efektif memotong tiang-tiang baja,” katanya.
      Gedung WTC 7, yang tidak ditabrak pesawat, runtuh pada petang hari 11 September 2001 dalam 6,6 detik atau hanya 0,6 detik lebih lama dari perjalanan jatuhnya sebuah benda dari puncak gedung 47 lantai itu ke tanah.
      “Dimana faktor kelambatan yang harus terjadi karena kekekalan gaya gerak, yang merupakan hukum dasar fisika?,” katanya.
      Dengan demikian muncul hipotesa penghancuran lewat ledakan, termasuk pada bagian bawah dan tiang-tiang baja penyangga, sehingga jatuhnya mendekati kecepatan benda jatuh bebas.
      Puing-puing bekas gedung itu , memperkuat dugaan kehancuran akibat ledakan karena sebagian besar materi gedung menjadi seperti bubuk. “Bagaimana kita bisa yakin pada kejanggalan ini selain kerena bahan peledak?,” katanya.
      Lelehan logam yang ditemukan direruntuhan WTC bisa sebagai akibat suatu reaksi suhu tinggi dari bahan ledakan yang biasa digunakan seperti thermite. Gedung yang jatuh bukan oleh ledakan tidak cukup punya energi langsung untuk mengakibatkan lelehan metal dalam jumlah besar.
      Argumentasi lainnya, untuk menguapkan struktur baja penyangga diperlukan api dengan temperatur mendekati 5.000 derajat Fahrenheit, sementara barang-barang kantor dan minyak disel yang terbakar tidak bisa mencapai suhu sepanas itu.
      Api yang disebabkan oleh bahan bakar jet dari pesawat tersebut paling lama hanya beberapa menit, dan selanjutnya api dari materi kantor akan membakar kemana-mana dalam 20 menit. .
      Pendapat Jones yang kontroversial ini juga menarik perhatian jaringan televisi MSNBC yang 16 November lalu mengundangnya untuk menjadi pembicara dalam suatu wawancara yang dipandu Tucker Carlson.
      “Yang saya lakukan adalah menghadirkan bukti, ini suatu hipotesa yang harus diuji. Ada perbedaan besar dengan yang sudah disimpulkan, dan saya hanya ingin mengklarifikasi,” kata Jones dalam wawancara tersebut.
      Wawancara dalam program “The Situation” MSNBC itu sendiri hanya berlangsung enam menit sehingga tidak banyak waktu untuk Jones menjelaskan lebih jauh mengenai teorinya.
      Carlson mengaku bahwa ia banyak mendapat respon dari pemirsa mengenai acara tersebut, yang umumnya memuji atas keberaniannya menghadirkan Jones dalam program itu.
      Ada juga pemirsa melalui e-mail yang memprotes karena sempitnya waktu yang disediakan untuk Jones menjelaskan soal konspirasi, katanya.
      Meskipun memakai dasar-dasar ilmu alam, pandangan Jones memang merupakan hal yang sangat sensitif, karena bisa berpengaruh pada hal-hal lainnya di balik tragedi yang menewaskan ribuan jiwa tersebut.
      Menurut Deseret Morning News, Jones juga akan mempublikasikan teorinya itu dalam bentuk buku berjudul “The Hidden History of 9/11″

      Hapus
    26. Kykny mabok teori konspirasi nih

      Hapus
    27. Umat islam jangan terpacing, harus bersatu melawan kebiadapan terorisme.

      Hapus
    28. Iya aj dah. Biar cpt kelar😁

      Hapus
    29. Energi minyak salah satu tujuan amrika bro lutfi, mereka harus buat alasan utk menguasai minyak afganisthan. Sementara minyak di amerika di amerika sendiri ada yg blm digali. Krn mereka penting minyak menentukan kelangsungan suatu bangsa di mada datang, china juga ingin menguasai laut china selatan krn minyak dan gas nya

      Hapus
    30. Kalau temen2 sering baca berita tahun lalu sebenarnya pak presiden, pemerintah dan polri sudah berusaha keras menerbitkan UU Terorisme yg versi baru. UU tsb lebih bersifat antisipatif ketimbang reaktif.

      Antisipatif adalah metode pencegahan teroris untuk melaksanakan tindakannya, jadi sebelum hari "H" Polisi sudah berhak menangkap oknum2 yg ditengarai AKAN melakukan tindakan terorisme.

      Reaktif adalah Polisi baru berhak menangkap oknum2 teroris setelah kejadian terlaksana.

      UU tsb sudah sejak lama diinginkan pemerintah tetapi selalu terganjal oleh fraksi2 tertentu yg keliatannya selalu "anti pemerintah" sedari dulu dengan dalih HAM dan sebagainya.

      Selama kebijakannya masih sama dan anggota2 dewan masih keukeuh anti UU tsb maka kejadian spt sekarang akan selalu berulang tanpa terkendali.

      Saya sendiri sudah muak dengan terorisme dan berharap kita dapat menguatkan pemerintah dan polri agar punya power yg lebih ketimbang saat ini.

      Deeply condolence for the victims, we are stand againts Terorism.

      Hapus
    31. Darma 099
      Satu pertanyaan yang kan buktikan kamu siapa!
      Bumi bulat apa bumi datar

      Hapus
    32. Bro darma. Ente bru sampe minyak. Skr jaman nya udh rebutan rare earth

      Hapus
    33. Syukur dah g pd terpengaruh...
      Hti2 nie ama omngan seperti nie
      Omongan rusak buat nyri temen yg sepahaman buat rusak negeri ini...
      Selalu waspada guys.......
      Semoga uu terorisme segera disyahkan.... dah mpeeettt gue nie ma mereka.... dah tenang2 dibuat ribut....

      Hapus
    34. @dharma

      Mas, pertanyaan saya singkat saja...kapan ahli2 tsb pernah melakukan penelitian/penyelidikan mendalam "insitu"?

      Yang kamu angkat itu kan cuma teori, sama dengan "teori bumi datar" atau "teori Indonesia bubar 2030"...

      Hmmm, agaknya kamu sedang "KHILAF"...atau kamu memang benar-benar "KHILAF" !!!

      Jaman saya kecil dulu, pernah ada kecelakaan yg melibatkan truk pembawa bbm diatas jembatan sungai krasak diperbatasan jogja-magelang...gak pake lama, setelah muatan bbm terbakar, struktur rangka baja jembatan itu langsung "mlethot"...sampeyan ngerti "mlethot" to?

      Hapus
    35. struktur rangka baja kalau di timpa ratusan ton runtuhan baja diatasnya juga remuk. diatas itu material berat. bukan kapas πŸ˜€πŸ˜€
      itu gedung tinggi.. bukan hanya sepuluh lantai πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      lagian kalau dari bawah demolition pake peledak. tak.ada bukti rekaman ledakan di bawah..

      hhhh

      Hapus
    36. untuk keterlibatan densus88 dalam opm papua kupikir tak tepat.
      kalau sudah kelompok bersenjata mengancam kedaulatan NKRI.. tni lah yang turun. seperti kasus apra.. kartosuwiryo.. gam.. santoso..

      kehadiran densus88 kan untuk menghilangkan kesan militerisme dalam penanganan kasus yang terbatas.
      kalau pakai militer ya kena HAM lagi repot.

      Hapus
    37. Tapi kalo saya punya link "ledakannya" lho mas @situabangang...

      Ini linknya langsung dari komunitas intelejen :

      https://www.youtube.com/watch?v=B2OHVZf24v4



      Hapus
    38. informasi anda A1 bung smile..
      itu berhubungan erat dengan target CIA di IRAQ

      https://m.youtube.com/watch?v=MczId91lp_8

      Hapus
    39. Busyet...ternyata anda intel juga to om?

      Hapus
    40. itu rahasia oom.
      tapi ada bukti keterlibatan intelijen barat di tragedi wtc
      kita boleh waspada oom ..


      https://m.youtube.com/watch?v=kjL3Ljsr3l4

      Hapus
    41. Kasian...yg bukan dari komunitas intelejen cuma bisa terpana setelah menyimak link yg kita paparkan om 😱

      Hapus
    42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    43. Saya komunitas Via Vallen Pens Kleub gimana nasibnya dong mas ? πŸ˜€

      Hapus
    44. Gatot aja dukung UU terbaru terorisme..

      http://m.kbr.id/nasional/06-2017/panglima_tni__menolak_revisi_uu_terorisme_itu_bodoh/90398.html

      Mosok masih ada yg nolak sih setelah bolak balik di bom ?

      http://www.melekpolitik.com/2018/05/13/biadab-ternyata-gerindra-pks-dan-pan-menolak-revisi-uu-terorisme/

      * cuma copy paste aja.. gregetan soale 😊😊😊😊

      Hapus
    45. Mungkin mereka "KHILAF" om...tapi saya masih ingat siapa sebenarnya yg telah KHILAF memasang "bom waktu"πŸ€”

      Hapus
    46. Demokrasinya beneran dah ngalahin yg menciptakan demokrasi itu ndiri... :D

      HAM? Ham-hem-hom...huuaaah, ngatuk ane.. :D

      Hapus
    47. Si ham-hem-hom-me kui arane : mbak Lady Wijaya...asal Gunungkidul mas @PS😘

      Hapus
    48. https://id.vltrends.com/news/82602-ketua-dpr-pemerintah-yang-minta-tunda-pengesahan-ruu-terorisme.html

      Beberapa pihak menyoroti lamanya perampungan revisi UU Antiterorisme yang sedang berproses di DPR. Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut tertundanya pengesahan revisi UU Antiterorisme karena sikap pemerintah.

      Pemerintahan jokowi lambat

      Hapus
    49. Jakarta - Seorang perempuan berinisial FSA diamankan polisi lantaran menyebut tragedi serangan bom di Surabaya sebagai pengalihan isu pemerintah. FSA diciduk di sebuah rumah kos, Jl Sungai Mengkuang, Desa Pangkalan Buton, Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat.

      "Ya, benar. Kami amankan yang bersangkutan," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Barat Kombes Nanang Purnomo ketika dimintai konfirmasi detikcom, Senin (14/5/2018).

      Nanang mengatakan saat ini FSA masih menjalani pemeriksaan oleh petugas dan kasusnya akan diserahkan penyidik Polres Kayong Utara kepada Polda Kalimantan Barat.

      Baca juga: Kapolda Jateng Minta Masyarakat Tidak Asal Sebar Info


      "Saat ini yang bersangkutan masih diperiksa. Kasusnya akan ditangani Polda Kalbar," ujar Nanang.

      FSA ditangkap pada Minggu (13/5) pukul 16.00 WIB oleh personel Satuan Reskrim Polres Kayong Utara. Dalam akun Facebook-nya, FSA menulis status analisisnya, yaitu tragedi bom Surabaya adalah rekayasa pemerintah.

      "Sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui. Sekali ngebom: 1. Nama Islam dibuat tercoreng ; 2. Dana trilyunan anti teror cair; 3. Isu 2019 ganti presiden tenggelam. Sadis lu bong... Rakyat sendiri lu hantam juga. Dosa besar lu..!!!" tulis FSA, sebagaimana dikutip dari akun Facebook FSA.

      FSA juga menulis status tragedi Surabaya sebuah drama yang dibuat polisi agar anggaran Densus 88 Antiteror ditambah.

      Baca juga: Tim Siber Polisi Akan Selidiki Informasi Hoax soal Bom


      "Bukannya 'terorisnya' sudah dipindahin ke NK (Nusakambangan)? Wah ini pasti program mau minta tambahan dana anti teror lagi nih? Sialan banget sih sampai ngorbankan rakyat sendiri? Drama satu kagak laku, mau bikin draama kedua," tulis FSA juga.

      Dari tangan FSA, polisi menyita satu unit ponsel Samsung J3.

      FSA terancam jerat Pasal 28 ayat 2 UU Informasi dan Transaksi Elektronik. "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)," jelas Nanang

      Buat om Sharma 099

      Ayo loh om....hahaha

      Hapus
    50. Om Dharma 099 mksdnya....xixizi

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. HARUS DI HIDUPKAN LAGI KOOPSSUSGAB TNI

    BalasHapus
  21. Kapal ini (LST), pengerjaannya dg metode "modular" ato "shipway"...ada yg tau atau punya linknyaπŸ€”

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. sepertinya modular om smili, makanya GPL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo....ada linknya ndak🀐

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Mending ga usah link-link'an, tau-tau ikut parade, itu lebih mengerikan mas...xixixi..(ups!)

      :D
      #kapan ya bisa gitu?

      Hapus
  24. All religion in the world are still welcome in Indonesia.

    We are a friendly nation.

    BalasHapus