16 Mei 2018

TNI AD Terima Delapan Heli Tempur Apache

16 Mei 2018


Helikopter AH-64E Apache Guardian TNI AD (photo : Nanang Adi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Delapan unit helikopter serang AH-64E Apache buatan Amerika Serikat diterima TNI Angkatan Darat hari ini di Semarang.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyerahkan secara simbolis delapan Apache kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang diwakili Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono di Pangkalan Udara Utama TNI Angkatan Darat Ahmad Yani, Semarang.

Selain itu, diserahkan pula Sertifikat Kelaikan Udara Militer heli ini dari Kepala Pusat Kelaikan Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan kepada Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat.

Penandatangan naskah berita acara serah terima kedelapan unit Apache ini dilakukan oleh Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan, Asisten Logsitik Panglima TNI, Asisten Logistik Kasad, dan Danpusnerbad disaksikan Menteri Pertahanan, Kasad dan Wakil Kepala Perwakilan Permerintah Amerika Serikat.

Helikopter AH-64E Apache Guardian TNI AD (photo : Penerbad)

Menutup rangkaian acara ini, dilakukan pentasbihan secara simbolis oleh Ryamizard, Aslog Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut dan Ketua Komisi I DPR RI, dengan menyiramkan air kembang ke badan pesawat disertai pemberian nomor registrasi Apache.

Pembelian kedelapan heli ini termasuk program Foreign Military Sales (FMS) untuk menjamin kesiapan alutsista secara maksimal.

Ryamizard menyhebut  Apache sebagai heli serang berteknologi tinggi dan tercanggih saat ini. "Dengan masuknya delapan unit Apache ini, diharapkan mampu memberikan efek gentar dan memaksimalkan penjagaan kedaulatan negara," kata dia.

"Kepada TNI saya minta untuk mempelajari pengoperasian Apache agar dapat digunakan maksimal dan dijaga agar masa pakainya dapat lebih lama," sambung dia.

Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Erin Elizabeth McKee mengatakan AS sangat bangga dapat mendukung modernisasi alat utama sistem persenjataan Indonesia.

"Kami berharap pengadaan Apache oleh angkatan bersenjata Indonesia dapat mendukung komitmen kedua negara untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan," kata Erin.

(Suara Merdeka)

69 komentar:

  1. Balasan
    1. macaciihh haha!

      apache tni ad full kombat, konde, roket ffar, M230...tinggal rudal doank ada, 64 bijik simpen dolo buat yuuu haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      https://i.pinimg.com/originals/9f/be/1f/9fbe1fb74e485190f19fab2976c21ace.jpg

      apache lagiiii...baruwwww full kombet ame kondeee euyy haha!🀘🀘🀘

      https://www.instagram.com/p/BiqcZKphNYb/?tagged=tniad


      abangnya si hulk ijo, item haha!🀘🀘🀘
      uda pst super lengkap, wuiih itu ataka

      https://1.bp.blogspot.com/-IFzuGQ22QtU/WEX3tOhqS5I/AAAAAAAAv_g/77Z6kEZO0To9lj1bGoF4dqNww4fC98gfQCLcB/s1600/mi35samping.jpg

      https://indomiliter.files.wordpress.com/2014/09/mi-35-tni-ad1.jpg


      nah yg ini bolkow 105, si lincah, cuco buat dor dorrr ituw tuch haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      https://www.instagram.com/p/BeYMpi-FtV9/?taken-by=indonesian_army_helicopters

      Hapus
    2. Looks like an Apache Simulator and 64 Hellfire Missiles are also included in the last batch delivery of 5 units AH-64E Apache Guardians.

      "Tidak hanya helikopter dan suku cadangnya, sebuah mesin simulator helikopter Apache juga ikut dalam satu paket pengantaran dimana alat simulator tersebut berfungsi untuk melatih kemampuan para pilot TNI AD dalam mengoperasionalkan helikopter yang dijuluki The Tank Killer ini. 

      Selain itu, sebanyak 64 misil jenis Hellfire juga ada dalam satu kargo dan langsung dibawah ke Skuadron 11/Serbu untuk diamankan."

      http://www.infokomando.com/2018/04/lima-helikopter-apache-pesanan-tni-ad.html?m=1

      Hapus
    3. Konde yg 4 biji ga d pasang y?

      Mknya dkira ompong...
      Begh...

      Hapus
    4. Heli mahal Full combat nih.. Negara miskin bangkraps karena di rasuah pasti ngga mampu beli πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. heli md kecik ternyata menggunakan mesin potong rumput sehingga tak ada kemampuan membawa armament lebih banyak. hanya memuat 4 orang dan 20kg minyak sawit πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  2. eiitt tambah lagikah,biar yg atas ^^^ pengsan haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. resmi, mandi kembang haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      http://www.inikata.com/wp-content/uploads/2018/05/skuadron-602x385.png

      http://cdn.metrotvnews.com/dynamic/content/2018/05/16/875358/6fPpHgTKEA.jpg?w=650

      Hapus
    2. terbanggg apachekuh haha!

      http://foto.metrotvnews.com/view/2018/05/16/875251/8-helikopter-apache-perkuat-alutsista-tni-ad

      tambahan lagi donk apachenya opa rr haha!🀝🀝🀝
      http://cdn.metrotvnews.com/dynamic/photos/2018/05/16/33872/apache_4.jpg?w=1111

      http://cdn.metrotvnews.com/dynamic/photos/2018/05/16/33872/apache_3.jpg?w=1111

      ganteng bok haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—
      http://cdn.metrotvnews.com/dynamic/photos/2018/05/16/33872/apache_2.jpg?w=1111

      Hapus
    3. terbang lagi haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      http://img.beritasatu.com/cache/beritasatu/620x350-2/1526457625.jpg

      sangar cink haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      http://img.beritasatu.com/cache/beritasatu/910x580-2/1526457691.jpg

      siramann lagi haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      https://www.jawapos.com/thumbs/l/news/2018/05/16/menhan-serahkan-8-heli-apache-ke-tni-ad_m_213136.jpeg

      nah ini baru resmi, siram2 haha!🀝🀝🀝
      https://www.jawapos.com/thumbs/l/news/2018/05/16/menhan-serahkan-8-heli-apache-ke-tni-ad_c_1526470178_213136.jpeg

      https://media-bhayangkara.com/wp-content/uploads/2018/05/IMG-20180516-WA0096-696x522.jpg

      menhan siram kembang ajieep!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      http://www.timeslamongan.com/read/25967/20180516/171432/tni-ad-terima-delapan-helikopter-apache/

      Hapus
    4. heli atakkkkk haha!πŸ’€πŸ’€πŸ’€
      https://v-images2.antarafoto.com/kemhan-serahkan-delapan-helikopter-apache-p8t9rv-prv.jpg

      https://statik.tempo.co/data/2018/05/16/id_705935/705935_720.jpg


      http://cdn2.tstatic.net/jateng/foto/bank/images/menhan-ryamizard-ryacudu-kanan-dan-aslog-panglima-tni-laksda-tni-bambang-nariyono-kiri_20180516_172156.jpg


      http://tni.mil.id/mod/news/images/normal/1cc92c7261b2b457d0b07cdcbdb48934.jpg

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Negara Yang tak de Wang jangan nangis guling2 ya πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    7. om mahat batuw lucu bingit, dibawah akhirnya nyerah tanpa syarat jugak tuch om mul haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      maklumlah, mrk blom perna punya konde seindah milik apache haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    8. Ya begitulah om palu.. mahataik itu sering mengalami disfungsi otak akut πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  3. Looks like an Apache Simulator and 64 Hellfire Missiles are also included in the last batch delivery of 5 units AH-64E Apache Guardians.

    "Tidak hanya helikopter dan suku cadangnya, sebuah mesin simulator helikopter Apache juga ikut dalam satu paket pengantaran dimana alat simulator tersebut berfungsi untuk melatih kemampuan para pilot TNI AD dalam mengoperasionalkan helikopter yang dijuluki The Tank Killer ini. 

    Selain itu, sebanyak 64 misil jenis Hellfire juga ada dalam satu kargo dan langsung dibawah ke Skuadron 11/Serbu untuk diamankan."

    http://www.infokomando.com/2018/04/lima-helikopter-apache-pesanan-tni-ad.html?m=1

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Full combat lah.. Malon miskin ngga mampu beli πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. kami miskin tapi tak ada ompong seperti apache πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    3. Hahaha...om Mahat Malon penyembah Najib nongol jg...tuh kan ngaku miskin...masa sih TDM Malon alutsistanya ga ad yg ompong...? Hahhaa...

      Hapus
    4. Bilang Ompong tapi missile hellfire di beli lengkap! πŸ˜† Mahataik otak itu di gunakan jangan hanya jadi asesoris πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† malon miskin beli Apache aja ngga mampu apa lagi beli senjata nya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. ompong saru mana nya sih.. saya heran. chain gun sudah ada. mtads.
      flir.. ada.
      ompong dari mananya.. longbow? ada.
      putus asa kayaknya maloner πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    6. ompong saru mana nya sih.. saya heran. chain gun sudah ada. mtads.
      flir.. ada.
      ompong dari mananya.. longbow? ada.
      putus asa kayaknya maloner πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    7. 6 Little bird Malon yang murahan itu aja ompong melompongπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† nggak level laah dengan apache indonesia yang barang premium itu.. 😝😝😝😝

      Hapus
    8. Najib botak bagaimana kabare lon...

      Hapus
    9. tank pendekar mu mw coba di ledakin pake hellfire, tunggu ya 64pcs hellfire msh on the way ... kihkihkih

      Hapus
    10. Haha kata OM maha iri aset militer tidak ompong tapi berita dari malaysia mengenai kapal littoral combat malon yg akan di terima pada tahun 2019 tanpa senjata sama sekali.hahaha
      Sabar om mahairi ini puasa loe,tdk usah iri dengki..hehe..

      Hapus
    11. Percuma di jelasin...dibilang ompong jg gpp..tetapi kenyataannya tiba2 gigit aja dengan gigi yg runcing2...wkkwkkk

      Hapus
  5. Lucu ...belli heli serang tapi gak bisa di pakai buat perang ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah mossoooo.....😲

      Hapus
    2. kok buat perang, syg ateuh, heli ganteng mah buat selpi ajah, begitchu haha!🀠🀠🀠

      Hapus
    3. Ente ngarep perang?

      (Sangar.....)

      :D

      Hapus
    4. "Lucu ...belli heli serang tapi gak bisa di pakai buat perang ..."

      Lucunya dimana sih Mas ?

      Malah lebih lucu komentarnya saya bilang sih, lha wong kita belum perang lho ? Kok tahu Heli ini gak bisa dipake buat Perang ?

      :-D

      Hapus
    5. Nonton tero bombing aja dah ngeri, so jangan sampek perang laah..
      Alat perang buat pota-poto & parade aja, keren-keren di instagramin.. :D

      Bener juga kata pak RR, beli dikit yg penting punya..

      Qiqiqiqiqi

      Hapus
    6. Yup.. jangan sampai terjadi perang bro..

      War is Painfull.

      Kesannya kalau perang itu hebat.. padahal kalau lihat realitinya sedih dan perih banget bro... gw diceritain mbah gw sih dulu jaman dia ngalamin ikut ngebantai komunis bareng TNI. Bener2 gak sehebat dan seindah cerita2 perang.

      Sungai2 warnanya campuran coklat dan merah dan isinya mayat2 yg membusuk dengan perut kembung melintas jadi pemandangan umum disaat perang.

      Gak ada indah2nya yang namanya perang bro apalagi kalau sampai kehilangan salah satu anggota keluarga tercinta.

      Hapus
    7. Siap komandan hehehe...sy jg ngalamin diberita hanya 300 yg meninggal reality lebih 3000 yang meninggal sampai ga mau makan daging dan ikan habis banyak yg "ngambang" mual muntah kl liat daging n ikan

      Hapus
    8. Haha ...gagal paham setiap belli alat perang datang rangkanya doang ...peluru dan radar longbow hilang .

      Hapus
  6. Top bgt. Jgn lupa pasang antidot manpads atau rpg, biar ga dihajar ama igla atau strela. Klo sombong kepedean, rugi bandar kita. Sayang belum ada punya kapal LHD (malah LST yg digenjot), padahal lumayan bisa geser sono sini klo perlu digendong misal ke Natuna yg lagi hot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tnang aza om ali, kan ada LPD2 om, mayan generasi awal bisa angkut 5 heli.
      dan seru jugak bisa angkut LCT, ranpur & tank haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      jangan lufa tahun ini nongol 1 LPD baruw, dan lgs lanjut LPD komando, tinggal tunggu setil kating, sementara masi ada yg ngarep haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    2. LST & LCT kita ferlu banget om ali, bagus buat "bicing" kerna umumnya kepulauan kita malah terlalu dangkal & berbatuw karang.

      maren ada bbrp vid yutub guwe kirim, KRI REM aja kudu nurunin rhibs buat ke pulau batek.
      malah di vid laennya, ttg fpb 57 yg kau lebih mini, jg sama, tak bisa dekat2 bisa karam hantam batukarang ntar haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰
      natuna pon, ciri dermaga2nya agak jau dari bibir pantai.

      Hapus
    3. LST kita ada deck helikopter juga lho.

      12 unit LST cukup untuk memenuhi kebutuhan LST pada MEF.

      Idealnya sih 30 unit LST.

      LPD cukup 7 atau 8 unit dulu dan bisa disambung dengan (atau dikonversi jadi) MRSS.

      LHD nunggu pengawalnya jadi dulu.

      Kecuali mungkin kalo PELNI ada minat beli LHD buat angkut container, bibit, pupuk, semen ke Papua.

      Xixixi mabuk kecubung xixixi

      Hapus
    4. gak skalian buat angkut BBM ke plosok2 om woof2, pake MV22 alias Osprey ajah bisa kok, hasil swadaya PERTAMINA, gubrakkk haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    5. Lho buat angkut BBM ke pelosok sudah ada Air Tractor AT802U, sang penantang super tucano.


      http://www.indomiliter.com/air-tractor-at-802u-sang-penantang-super-tucano-battle-proven-di-langit-papua/


      Hapus
    6. Kalau mau ditambah V22 Osprey juga bisa kok, kayaknya Bu Susi minat nih.

      https://www.google.com/amp/medan.tribunnews.com/amp/2016/08/07/menteri-susi-disinyalir-ingin-beli-pesawat-canggih-mv-22-osprey-milik-as

      Xixixixi

      Hapus
    7. yoi om woof2, slain air tractor, armada bu susi slama ini pake pilatus porter buat angkut drum bbm haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      cekidot: menit 34:08

      https://www.youtube.com/watch?v=SJDKAx_kRak

      lewat video itu, baru bisa liat alam papua dasyat bok haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      ngemenk2, a400m ituw buat apaan yak, mendarat di bandara printis cem bukit bisa gak haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    8. wah klo bu susi minat osprey, pilot tienai sumringah jek haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    9. kalo lihat keadaan bandara printis disana yg tak aman.

      gimana nich om woof2 apa lebih baik nyaranin PPI, mending beli pesawat kargo biasa yg kapasitasnya lebih besar cem 747 gt haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      ntar distribusi ke tengah dibantu pake osprey, bandara manapun pst mampu mendarat dia haha!🀝🀝🀝

      Hapus
  7. oot dikit, berhubung lg viral, ini ranpur milik polri keren jugak, ada yg tau merek apa? bolak balik rada mirip py iag jaws sich, tp beda dipegangan
    http://www.interarmored.com/products/jaws-apc/

    dipake densus 88:
    https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2018/05/16/13/1306315/densus-88-geledah-2-rumah-terduga-teroris-di-tangerang-5EJ.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. brimob pake jugak haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      https://scontent-iad3-1.cdninstagram.com/vp/ffca764a8e140245df42632c72c2976e/5B609F9D/t51.2885-15/e35/29094060_1631272230282576_4672058458151845888_n.jpg

      Hapus
    2. dari samping:
      http://pojokpitu.com/yp-gbr-news/64120_16-05-2018_15-33-05_.jpg

      kyknya unit polri kudu pesen ginian, casisnya sama ama turangga nich haha!😊😊😊

      https://photo.jpnn.com//picture/normal/20120702_193413/193413_970406_mobil_antipeluru.jpg

      Hapus
    3. maenan baru polri ini siyap pake, biar cepet batel pulpen haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      https://scontent-iad3-1.cdninstagram.com/vp/512f526c6841d641e16150365fe8653e/5B7600C7/t51.2885-15/e35/28754011_1869594293100286_8315439688764620800_n.jpg

      Hapus
    4. gaes ternyata bner ini IAG-Jaws sodaranya IAG-Guardian haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      tampak depan jelas mereknya, tepat diatas winch haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      https://cdn.sindonews.net/dyn/940/photos/2018/05/16/27949/119606-penggerebekan-rumah-terduga-teroris-di-kunciran-tangerang-v20_highres.jpg

      sip haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      http://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/sejumlah-anggota-densus-88-menjaga-ketat-kendaraan-taktis-yang-_180516174520-668.jpg

      IAG-Jaws bersama Komodo apc polri haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      https://scontent-amt2-1.cdninstagram.com/vp/b21347c245df094ad1cafc6283b45113/5B7CC261/t51.2885-15/e35/27576559_149249165791352_7147386602057105408_n.jpg?se=7&ig_cache_key=MTcwODA5MzM1Nzc2MDM2MTE1NA%3D%3D.2

      Hapus
    5. dari snorkelnya sama, cmn beda dipegangan atas haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      http://www.interarmored.com/wp-content/uploads/2017/02/Jaws-APC-01.jpg

      pabrik komodo apc yesss haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      https://defence.pk/pdf/attachments/komodo-pindad2-jpg.347521/

      Hapus
    6. yang ini rantis polisi Tambora, wah nama gunung kita nich haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      https://i.ytimg.com/vi/Rn_a9g4QcPo/hqdefault.jpg

      https://www.youtube.com/watch?v=VMmsER-qeu8

      Hapus
    7. TAMBORA Kendaraan Taktis Polri Canggih Terbaru Sabhara haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      https://www.youtube.com/watch?v=54edgVgsjio

      rantis barakuda haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      http://www.kovico.com/apc/images/5.JPG

      Hapus
    8. rantis polisi laennya, wolf 2 wueesss haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      http://raw.cdn.baca.co.id/c7acefbf-ad19-4cde-b74a-46b1c014e105

      dan Vigor haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      https://s.kaskus.id/images/2014/04/17/6114135_20140417065048.jpg

      Hapus
    9. Barikade dit sabhara polda aceh mantab djiwa haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      https://www.youtube.com/watch?v=eFQqlfZyXqA

      PENGENALAN KENDARAAN RANTIS | TON CREW | DALMAS POLDA JAWA BARAT haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      ada raisa haha!😍😍😍
      https://www.youtube.com/watch?v=kIrc6lJZE2o

      Hapus
    10. PENGENALAN ALUT, ALSUS & RANSUS BANTUAN SAR KEPADA BINTARA REMAJA POLDA JABAR, keren alat sarnyah haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      https://www.youtube.com/watch?v=muI63sCQ1mg

      COMPANY PROFILE DETASEMEN C PELOPOR SATBRIMOB POLDA JATENG, SUPER COP haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      https://www.youtube.com/watch?v=jCctnLLUo6s


      selamat bertugas, 86 om2 polisi!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  8. Tahniah!! buat TNI-AD khususnya..moga makin success and strong...

    Takziah juga untuk korban atas perlakuan terror di gereja dan markas polisi-POLRI..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims pak cik JP, selamat berpuasa..

      Hapus
    2. semoga lancar berpuasa pak JP.. semoga ATM makin strong!!

      Hapus
    3. Thanks bro JP..

      Happy Shaum everyone..

      Lemes dikit tak mengapa yang penting enjoy aja.

      Hapus
    4. ur welcome mas..

      selamet berpuasa juga buat sodara2 ku di Indonesia..

      jgn lupa berniat puasa ya..

      Hapus
  9. BREAKING NEWS !!!!

    KRI ARDEDALI-404 akan tiba di Dermaga Komando Armada II (dulu Koarmatim) pada jam 11 WIB...Cekidot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah bro,sila baca : www.lancerdefense.com...tgl 17-05-2018

      Hapus
  10. Balasan
    1. Min tambah 3 bijik ya om..biar jumlahnya sama dengan apache..xiixiiii

      Hapus
    2. komposit ajah, bisa bareng kamov 50 ato mil 28. dikit2 gpp asal showroom lengkap haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus