02 Mei 2018

TNI AU Siapkan Satu Skuadron Tempur di Papua

02 Mei 2018


Satu skuadron tempur buru sergap Kohanudnas disiapkan di Papua (photo : Alex Sidharta)

Warta Ekonomi.co.id, Makassar - Markas Besar TNI Angkatan Udara (AU) akan menempatkan satu skuadron tempur di Papua. Hal tersebut selaras dengan komitmen pemerintah dalam meningkatkan pertahanan udara dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penempatan skuadron tempur itu sudah masuk dalam rencana strategis TNI AU untuk jangka panjang.

"Proyeksi ke depan sesuai dengan rencana strategis TNI, bakal ada skuadron tempur buru sergap di Papua. Rencananya itu satu skuadron," kata Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) IV/Biak, Marsekal Pertama Jorry S Koloay, seusai penandatangan MoU dengan AirNav Indonesia di Kantor Makassar Air Traffic Service Centrer, Senin, (30/4/2018)

Penempatan skuadron tempur di Papua diproyeksikan ditempatkan di Kabupaten Biak Numfor. Itu seiring dengan peningkatan status Lanud Manahua dari tipe B menjadi tipe A. Keberadaan skuadron tempur di Papua juga diharapkan meningkatka pertahanan udara dan kedaulatan NKRI, khususnya di Indonesia Timur.

Jorry mengungkapkan pengamanan ruang udara di Indonesia Timur, khususnya di wilayah Kosekhanudnas IV/Biak memang masih dikoordinasikan dengan pangkalan yang memiliki skuadron tempur. Semisal di Makassar, Pontianak dan Madiun. "Untuk wilayah Timur disiagakan pesawat tempur secara mobile," ucapnya.

Lebih jauh, Jorry menjelaskan untuk memperkuat pertahanan udara dan kedaulatan NKRI, pihaknya terus memperluas kerjasama sipil militer. Termasuk yang dilakukan pada hari ini bersama AirNav Indonesia Cabang Utama MATSC. Pihaknya sepakat melakukan kerjasama tentang pengelolaan sistem keamanan wilayah udara dan penerbangan.

(Warta Ekonomi)

54 komentar:

  1. Ayo thypon...
    Joommm beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. typhoon ada masanya sendiri bro.. tuh dua skuadron Hawk di Pontianak dan Pekanbaru yg menua..! haha..😄😄.

      Hapus
    2. @Bagaz slow om Hawk kita gak semuanya tua....tapi ada hawk yg lebih tua punya tetangga sebelah si M...hehehheh

      Hapus
  2. weleeeehhh.. weleeeehh... sudah terang-benderang. kemarin Kupang, NTT bakal dibentuk satu skuadron sekarang Biak, Papua. Terus yg satu skuadron lagi taruh dimana..?? Ambon atau Manado ya.???? Viper.. iya itu viper.. 😄😄😄😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting ada progress dan strategi ke depan broh... hahahahaha

      Viper ajalah... biarpun gak sehebat F35 yg mahalnya minta ampun minimal bisa kepake 20 tahun kedepan hehehe

      Hapus
    2. Dilapak sebelah.. katanya tahun 2035 Indonesia akan mendatangkan F-35 om... 😱😱😱. Masuk akal juga jika tahun segitu pasti harga dan logistic nightmer bisa lebih ditekan karena semakin banyak yg menggunakan F-35. Aku sih yeeess.. wkwwkwkwk..

      Hapus
    3. Oughhhh...mas bagaz ternyata pengagumnya @ayam jago

      Hapus
    4. Komentator itu kalo ngerasa sudah banyak followernya trus ngerasa bebas ngehoaks...

      Hapus
    5. ihh om smilikity silik ajah nich haha!🤣🤣🤣

      soal pendapat & prediksi kan sah2 aja. toh di militer kita ituw slaluw ajaib. kalopun nantinya ada kesamaan, itu hanya kebetulan semata, cem di pilem2 sinetronlah haha!😉😉😉

      Hapus
    6. Enggak gitu masnya...

      Aku sering mgikuti komen "bliau"...mulai dr ketika su-27 yg di MLU di belarus dikatakan diupgrade pake avionik buatan thales dan dipasang datalink segala spy bisa chit-chat dg radar buatan NATO&F-16...padahal saat itu rusia diembargo NATO.

      Sekarang buktinya mana ???

      Kemarin juga baru komen, di rusia gak ada satupun galangan yg menerapkan konstruksi kapal dg sistim modular...setelah itu ada yg nyemash "bliau" dg ditunjukkan linknya, oaaaaahem

      Hal-hal yg bersifat informatif, saya akur saja...tapi kalo sudah membual jadi bikin eneg

      Hapus
    7. Jadi moral of storynya :

      Mending Ambil Viper, Grippen, Su35, Tejas, JF Sulfur, F15, F35, Su57, Super Tucano, Typhoon, Rafale atau Mig35 mas ?

      Kaburrr laaahhh... :-D

      Hapus
    8. @Hari siapa sih yang segila itu ngehoaxnya? Penasaran nih jadinya.

      Hapus
    9. ahh ituw kan kerjaan intel om smilikity jugak sich yg mancing2 haha!🤣🤣🤣

      guwe liat ada salah faham kyknya.

      soal kafal modular: dr perspektif guwe, maksud doi itu ruski gak nguasain total soal modular, beliau gak bilang ruski tak sanggup buat kapal modular lho.
      ini hal yg berbeda kan? haha!😉😉😉

      om itu curiga kerna lama masa pengerjaan, pasti ada "sesuatu".

      kalo pendapat tambahan guwe pribadi mungkin tehnik sono beda dan ada hambatan suplai logistik.
      yach harap maklum rusia kan serba sendiri. namun tentu ada sumber dari vendor luar, tp prosentasenya guwe gak tau. mana skrg patner utama dia satu persatu cabut, cem yukrein, tamba lama dech haha!😜😜😜

      Hapus
    10. soal huks ato apalah, smua tergantung netizen mnilai.
      kalo ada yg doyan telan mentah2 pendapat org jugak gak gpp.
      kan konsumsi & tanggung jawab pribadi toh gak ada larangan baku.

      kalo kita mrasa ituw gabener, cukup di respon sewajarnya. kalo gak ada yg respon hmmnn folowernya ente kurang keles om haha!😅😅😅

      Hapus
    11. Udah woles aja...Tunggu aja sambil Ngopi...selama berita belum resmi anggap aja masih hoax atau Akan...Ntar kalau uda nongol barangnya baru kita party...heeheee

      Hapus
    12. Kalau ingin tau masalah spek atau jeroan di militer...gak bakal militer itu vulgar pasti ada yg.....404 not found...Rahasia

      Hapus
    13. Weh, kalo kayak gini, Ompal kelihatan bijaksana. Tapi kalo dah ketemu mahatengik, berubah jadi bijaksono....😆

      Hapus
    14. betul, militer kita ajaib, kalo ada kesamaan, hanya kebetulan belaka yuuk goyang geal geol om tupz haha!😋😋😋

      yg model gitu, wajib dilestarikan om panji haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    15. @palugada

      Aku itu suka "niteni" konsistensi komen-komen...

      Tapi kalo dalam tempo setahun...prediksinya gak konsisten, berubah-ubah mengikuti arah angin, brarti itu bukan "tukang prediksi"...tapi politikus

      Hapus
  3. Ngakak lihat Trump marah2 gara2 oil price tinggi semenjak OPEC dibantu Russia ngerem produksi minyak sampai target Juni nanti.

    Disaat negara2 penghasil minyak produksi dikit2, US malah jor2an produksi minyaknya. Tapi tetep gak bisa ngelawan dominasi Arab dan awal tahun ini dibantu Russia juga untuk menekan produksi minyak sambil berharap harga minyak naik.

    Negara2 Opec minta bantuan Russia karena gak kuat ngadepin US yg semena mena produksi minyak karena banyaknya hutang US yg jatuh tempo (infonya 60 percent hutangnya ke pada pihak China).

    Sebetulnya Russia juga "ngap-ngap an" nalangin incomenya yg turun karena batasi produksi minyak tapi "imbalan" pembelian alutsista Russia kepada negara2 Arab dan Opec dirasa lebih menguntungkan dari sisi politis Russia yg sejak 3 tahun lalu dibombardier sanksi dari US dan sekutu eropanya.

    Fenomena menarik bahwa menekan suatu negara bukan hanya dari skala teknik militer tapi juga trade war economic.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marah gara2 harga minyak naik :

      "Looks like OPEC is at it again. With record amounts of Oil all over the place, including the fully loaded ships at sea, Oil prices are artificially Very High! No good and will not be accepted!"
      — Donald J. Trump (@realDonaldTrump)

      Kalau ini marah gara2 Bank Russia dan China "sengaja" intervensi pasar agar mata uang Yuan dan Rubel tidak menguat dan tetap melemah terhadap Dollar...
      Beda kalau dimarih... melemah dikit yg protes banyak... Kalau China malah kebalikannya... Yuan menguat terhadap Dollar malah pemerintahnya langsung ambil aksi untuk "menggembosi" kekuatan mata uangnya sendiri agar tetap lemah..WKwkwkwkwkw

      "Russia and China are playing the Currency Devaluation game as the U.S. keeps raising interest rates. Not acceptable!"
      — Donald J. Trump (@realDonaldTrump)

      Hapus
    2. Asimetric warfare..
      Thanks infonya mas super.. :D

      Hapus
    3. yup.. sepakat..saya pernah baca juga disitus luar.. sekarang negara2 didunia mempunyai kecenderungan membiarkan mata uangnya lemah. Sebab apa..?? mudahnya gini.. jika mata uang suatu negara lemah biasanya ekspor akan meningkat karena barang mereka lebih laku dipasaran.. xixixi.. Sebenarnya Amerika juga ingin melakukan praktek seperti itu tpi takut menggoncang pasar domestiknya dan dunia, karena dollar dijadikan patokan mata uang dunia.😂😂😂

      Seperti indonesia sekarang, mata uang rupiah melemah tpi nilai ekspornya meningkat, terutama disektor produk perikanan atau barang jadi yg tidak memerlukan bahan impor untuk diolah.. 😊😊

      Hapus
    4. Di sini kalau rupiah melemah yang banyak protes itu para pengusaha yang bisnisnya bergantung pada barang impor, sebab mereka harus membayar lebih banyak rupiah kepada supplier mereka di luar negeri.

      Tetapi kalau mereka yang bergerak di bidang ekspor dan transportasi ke luar negeri bakal senyum-senyum riang.

      Tahun 1997-1999 saat kurs usd sedang tinggi-tingginya ekspor tekstil, garment dan sepatu meningkat drastis.

      Hapus
    5. Dulu pernah baca juga kalau menurut praktisi ekonomi Makro... bila suatu negara porsi ekspornya lebih besar daripada domestik atau impornya maka pelemahan mata uang negaranya adalah sangat baik dari segi ekonomi dan kebalikannya.

      Misal Indonesia porsi eksport 60 persen thd import maka penguatan nilai Dollar terhadap Rupiah justru jadi hal yang baik secara hukum ekonomi.

      Makanya harus dilihat juga mas,.. berat ke Eksport atau Import policynya ?

      Hapus
    6. Jangan kelakuan kebo banteng di bawa ke forum ini, indonesia selalu di sandingkan dengan negara maju soal hutang dengan jepang,amerika dll, ingat rupiah melemah yg jadi korban itu perusahaan industri 80% bahan baku industri itu impor dari luar negeri, makay perusahaan sekarang banyak yg kolap dan pengangguran makin banyak di indonesia akhirnya pada ngadu nasib di luar negeri misalnya di arab saudi dan taiwan , meskipun bayar 10-20 jutaan / orangy

      Hapus
    7. laaahh.. sensi amat nih orang. Datang2 ngamuk kek kelakuan antek2 duda yg kemarin melakukan perundungan terhadap seorang ibu dan anaknya di bundaran HI.. ckckckck.. mental tempe. 😂😂😂😂

      Makanya kamu maennya jauh dikit biar ngk kuper.. soal banyaknya TKI yg kerja diluar negeri itu sudah ada sejak zaman presiden soeharto keleeess...??? wkwkwkwk.
      hati kalau sudah dipenuhi kebencian otak jadi ngk sinkron ya.. 😅😅

      Dan asal kamu tau saja.. sebenarnya mereka betah kerja di Luar negeri karena mata uang dinegara tujuan lebih besar, jadi jika ditukar ke Rupiah akan semakin banyak. Makanya banyak orang indonesia yg ingin menjadi TKI di Jepang, Taiwan, Hongkong, korea selatan, negara arab, Malaysia, Singapura karena lebih menjanjikan untuk dia bisa berhasil. Bayangkan jika gaji rata2 TKI yg kerja di negara Asia timur itu Rp 10-12 juta perbulan.. kamu akan pilih mana..jadi buruh di indonesia yg gajinya hanya Rp 2,5-3 juta atau jadi TKI tpi gajinya Rp 10-12 juta/ bulan.???.

      Naahhh dari sini ada hubungan simbiosis mutualisme antara pemerintah dan para TKI.. pemerintah dapat devisa $8 miliyar dollar pertahun, sedangkann TKI dapat gaji serupa gaji manajer di indonesia.. hayoooooo pilih mana kamu.??? wkkwkwkwk.. pikirannya harus jernih ya dlm memilih.. jngan seperti kasus perundungan di bundaran HI kemarin.. bikin malu.. beraninya sama wanita dan anak2.. 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    8. Jawabany simple sobb, milih kerja di dalam negeri meskipun gajinya minimal ump sesuai daerah, ingat pepatah biarpun hujan emas di negeri orang tapi tetap lebih baik di negeri sendiri, siapa mereka yang mau kerja keluar negeri kalo tidak karena terpaksa , gua yakin kalo perusahaan persero banyak buka loker dan ekonomi yang lebih baik, mereka tidak akan pergi jauh mengadu nasib di negeri orang, mereka pergi karena keadaan sulitnya pekerjaan di negeri sendiri, heii sobb gua itu netral beberpa kali pilpres gua selalu golput sebelum ada pemimpin negeri ini mampu membawa ke arah ekonomi ke arah yg lebih baik baru siap gua dukung , gua tidak ngomong soal PRT ya karena pendidikan mereka rata2 maksimal hanya smp

      Hapus
    9. Dampak melah nya mata uang ada sisi positif dan negatif nya juga, bener kata om@supersta kalau indo porsi nya lebih besar eksport tentu hal yang menguntungkan, tapi tentu sebaliknya..

      1.tenaga kerja asing bergaji dollar sangat di untungkan jika di tukar dengan kurs rupiah
      2.barang import jadi lebih mahal, dan menguntungkan produsen lokal
      3.sukuk bungan naik
      4.bisa mengancam obligasi dan surat utang negara

      Hapus
    10. doni sugara@ Ok bro.. itu pilihanmu saya hargai. Tapi kenyataan tidak semudah itu..

      Sebagai contoh.. Rata2 TKI yg kerja di luar negeri itu berpendidikan rendah.. dan maaf banyak yg berasal dari pelosok2 desa di indonesia. Kamu tau sendiri kan kondisi pelosok desa di Indonesia seperti apa..?? jauh sekali dibandingkan dengan kota2 besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, yg kebutuhan sandang, pangan, papan bisa terpenuhi dengan mudah.

      Naahh.. untuk mengejar itu semua agar kehidupan dia bisa lebih modern dan bisa merasakan seperti apa yg dirasakan orang2 di kota besar indonesia.. jalan pintas satunya2 ya itu jadi TKI ke luar negeri. karena mereka sadar, dengan tingkat pendidikan mereka yg rendah mau mendapatkan gaji Rp 12 juta rupiah/bulan tidak akan tercapai kalau tidak jadi TKI ke luar negeri. Walaupun jadi buruh pabrik di jepang atau jadi pembantu di Hongkong, Taiwan namun gaji disana jika dijadikan rupiah akan sama seperti gaji manajer di Indonesia.

      Paham kan bro maksud saya..?? Jadi dunia itu tidak semudah yg kamu kira. 😊😊.. Saya tebak pasti kamu orang jakarta atau sekitarnya.. hayooo ngaku..??? 😅😅

      Hapus
    11. Namun jangan sekali2 kau meremehkan pekerjaan para TKI bro.. walaupun begitu ada yg menyekolahkan 3 anak sampai lulus sarjana, ada yg buka usaha setelah dapat modal, ada yg beli tanah berhektar2, ada yg mampu membuat rumah 2 tingkat, beli mobil, mampu memperbaiki ekonomi keluarga, dan yg terpenting.. setiap tahun mereka menyumbang devisa kepada Indonesia sebesar kurang lebih $8-10 miliar dollar per tahun.. Hayoooooo.. masih meremehkan profesi TKI kamu.?? 😅😅

      kalau di Tv ada berita TKI yg disiksa, sebenarnya itu hanya segelintir dibanding TKI yg sukses bekerja bertahun2 diluar negeri.

      Hapus
    12. hei klo bicara politik jangan disini

      Hapus
  4. bagaimana bisa TNI menempatkan F16 di papua? bukankah US melarangnya? jgn2 mengijinkan biar bisa memantau frekuensi pswt2 F16 di sekitar papua?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dek Kun,

      3 skuadron Viper memang mau ditaruh di timur (salah satunya di Biak dan Papua), dan itu juga untuk melindungi aset US yang sangat banyak di bagian timur Indonesia.

      Kasusnya sama seperti US membolehkan hibah 24 F16, salah satunya untuk alasan melindungi aset US di Dumai, Riau.

      Hapus
    2. maaakkk jleeebbb... wkwkwk..😂😂

      Hapus
  5. Lanud Manahua biak ditingkatkan tipenya menjadi A,berarti ada lebih dari 1 skuadron pesawat penghuni Lanud Manahua nih...mantap jiwa gan...Salam Shopping 20 tahun lg

    BalasHapus
  6. Ceko Siap Kerja Sama Riset Bersama di Bidang Industri Pertahanan
    Juga Transfer Tekonolog


    https://www.kemhan.go.id/2018/04/30/selain-ingin-transfer-tekonologi-dengan-indonesia-ceko-juga-siap-kerja-sama-riset-bersama-di-bidang-industri-pertahanan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vera atau Pandur berarti nih brow edisi project thn 2018 ini ?

      Hapus
    2. TOT Vera n Vampire hihi...indonesia boleh

      Hapus
  7. Udah brp kali sy baca brita ttg pnempatan skadron baru di wil sorong ato ntt..smoga cpt direalisasikan..talk less do more..

    BalasHapus
  8. walo guwe lebih demen pesawat gunship, berhubung gak punyak. guwe rasa super tukino, paling cocok diutus kesana haha!👍👍👍
    setidaknya skuadron ini kita miliki saat ini. bukan "AKAN" haha!🤣🤣🤣

    murah biaya operasionalnya & fungsi utamanya sbg pespur coin, bakalan selaras kebijakaan keamanan disana.

    kitiran yg terbang lambat2 gini bisa mandang lebih tajam kearah bawah bagai elang yg siyap mematuk tukk mangsanya haha!😉😉😉



    BalasHapus
    Balasan
    1. buat pesawat intersepnya, kita pake yang ada aja, rotasi patroli antara f16 & sukhoi.
      bisa 3 pespur apusan ngisi pos komposit disana. jd bisa lebih murah biaya operasionalnya, mirip yg di tarakanlah.

      nanti kalo su35 uda masuk full, baru dech kirim 1 skuadron jet tempur nemanin tukino haha!👍👍👍

      Hapus
    2. Masa sih tukino menghadapin F35 Ausy om wkwkwk

      Hapus
    3. kita liat yg mana yg lebih stealth haha!😎😎😎

      dasar pendapat guwe begini om pit, itu pesawat sayang juga di taro di pulau jawa terus.
      buat pespur coin akan lebih berguna taro di daerah yg masi ada gerakan separtis tersebut, mayankan aumaan sang hiu terbang haha!🦈🦈🦈. skalian buat patroli perbatasan yg panjang bingit ituw.

      tentu pswt ini bukan buat intersep jet tempur haha!😂😂😂
      makanya guwe sarankan juga, ada bbrp flight jet tempur komposit buat jaga langit2 papua, cem di kaltara. kalo ada blek flight, tinggal terbang dari sana, gak perlu dari makassar...boros waktu & bengsin haha!😉😉😉

      Hapus
    4. Nanti HAMBURGER teriak2 mgk om..?? soalnya ada Natalius pigai tuh di jakarta. Kemarin waktu pembebasan sandera 1.500 orang saja si natalius pigai masih bela KKB. Katanya operasi itu hanya kedok TNI untuk melanggar HAM. 😱😱...

      Kan bangsat nih orang.. seharusnya nih orang diracun pakai sianida atau arsenik. wkwkwkwk.. kekel saya lihat nih orang item.. 😂😂. Sudah gitu dia bersembunyi dengan pro pasukan nasi bungkus untuk keamanan dia di Jakarta. ckckck..

      Hapus
    5. sabar om sabarrr haha!😝😝😝
      kalo gak gitu mana dapat duwit dari osi, amrik ama yurop dia haha!🤑🤑🤑

      makanya mo basmi kkb anderbow opm pake tni, tak semudah pemikiran tetangga kesayangan. makanya duet ama brimob slama ini di sono.

      basmi itu soal mudah dan tni uda pengalaman, tapi buntutnya yg panjang ampe skrg blom kelar rupanyo.
      sangsi militer ituw baru awal, yg gawat jika disangsi ekonomi. mana bisa py ipon, sulit dafet temfe haha!😛😛😛
      king kju aje mana tahan dia terisolir, akhirnya kluar dari sarangnye jugak haha!🤤🤤🤤

      Hapus
    6. Menurut saya Super tucano unitnya perlu di tambah....jadi home basenya tetap di malang...tapi mainnya sutuc yg jauh..di stand by kan di Biak atau Tarakan bisa juga di kupang,manado ataupun juga merauke..namanya pesawat COIN...murah dan irit..heeheee

      Hapus
    7. Tapi kalo mainnya kejauhan terus, boros di umur air frame/jam terbang mas, jadi ga ngirit lagi dong..

      Hwehehe.. :p

      Hapus
    8. maunya tuch tambaaa teerouuss, om tupez haha!👍👍👍

      om2 kalo guwe liat2 di bbrp dokumenter yutub, kawasan papua itu landasannya perintis pendek2 banget, ada yg letaknya atas bukit lagi, takjub guwe ama kepiawan pilot2 bule ngendaliin pilatus porter milik bu susi haha!😅😅😅

      yg guwe blom habis fikir, knp pake a400m buat proyek disana? apakah nanti ini pesawat mendarat di bandara perintis? alamakjang,
      pesawat pilatus porter yg lebih kecil dari n219, ngeremnya aja uda susah...bijimane ama a400m yg segde bagong haha!😂😂😂

      ato kalo buat bandara2 moderen yg ntar diresmiin sich okeh aja.
      tapi tetep daya angkutnya masi kurang dibanding pesawat jet kargo biasa.

      kalo mo ekstrim pake pesawat kargo 747, sekali angkut, bujubunen banyak sangat haha!😋😋😋

      Hapus
  9. Saya cocok (pake banget) ama pendapat bro Palu Gada. Kualitas & potensi ancaman di darat paling khan dari kelompok penggangu keamanan alias OPM atau KKB atau apalah namanya. Dari udara paling pesawat kecil yang suka nyelonong masuk. TNI AU cukup pake pesawat Super Tucano dijamin efektif dan efisien. Tetapi kalau TNI AU mau lebih progresif ke depannya harus bentuk skadron diesel. Bahan bakar pakai diesel A1, naik step berhasil di propeler, langsung maen di mesin jet. Opsi untuk jet bisa pake L-159 ALCA buat uji coba. Udara tropis dan minyak sawit berlimpah kurang apalagi, kita bisa terbang patroli terus tanpa bokek. # Tabik

    BalasHapus
    Balasan
    1. makaci om ali haha!🤝🤝🤝

      skuadron diesel?hmm mnarik jg, kapan2 pgn mendalaminya lg.

      Hapus